Bagaimana Cara Muslim Bersikap terhadap Al Quran?

alquran, tafsir,

Ustadz, mohon dijelaskan bagaimanakah  cara kita bersikap terhadap Al Quran dan bolehkah kita membacanya di tempat nonmuslim ?

 

 

Setidaknya ada 4 cara bersikap terhadap Al Quran, berikut ini adalah pemaparannya :

alquran muasir

  1. Mengimani Al Quran

Orang beriman wajib meyakini bahwa Al Quran adalah firman Allah swt. yang autentisitasnya terjaga. Wajib yakin atas kebenaran Al Quran sebagai petunjuk bagi orang yang takwa. “Kitab Al Quran ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa” (Q.S. Al Baqarah 2: 2)

           “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (Q.S. An-Nisaa 4: 136)

kalender

Ada sejumlah dimensi yang wajib kita imani, yaitu:

Pertama, kita wajib beriman dan yakin bahwa Al Quran sebagai “penyempurna” bagi aturan-aturan sebelum Nabi Muhammad saw. “…Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Kuridoi Islam itu jadi agama bagimu.” (Q.S. Al Maidah 5: 3)

Kedua, kita wajib beriman dan yakin bahwa Al Quran sebagai korektor untuk kitab-kitab sebelumnya. “Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi al-Kitab yang kamu sembunyikan dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan kitab yang menerangkan.” (Q.S. Al Maidah 5: 15)

Ketiga, kita wajib beriman dan yakin bahwa Al Quran sebagai sumber kebenaran. “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (Q.S. Al Israa 17: 9)

2. Mempelajari Al Quran

            Al Quran adalah kitab suci pencerahan hidup. Bagaimana Al Quran akan memberikan pencerahan pada pemikiran apabila kita tidak memahami kandungannya. Untuk memahami kandungannya, kita wajib mempelajarinya dengan sungguh-sungguh. Usman bin Affan r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.” (H.R. Bukhari)

            Abu Umamah r.a. berkata, Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pembela pada orang yang mempelajari dan menaatinya.” (H.R. Muslim)

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment