Menikah tanpa Walimah, Sahkah?

menikah

Pak Ustadz Aam yang saya hormati,  saya dan calon istri  masih kuliah. Orangtua menginginkan agar kami segera menikah. Namun, pernikahan kami hanya akad tanpa acara walimah. Apakah sah pernikahan tanpa walimah? Mohon penjelasan.

 

Walimah artinya resepsi atau pesta pernikahan. Para ahli sepakat bahwa pengantin sangat dianjurkan melaksanakan walimah semampunya. Walimah bertujuan sebagai sarana  pemberitahuan karena kita dianjurkan untuk menyebarkan berita pernikahan. Rasulullah saw. Bersabda, ”Sebarkanlah berita pernikahan oleh kamu.” (H.R. Ahmad)

alquran muasir

Anas bin Malik r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, ”Walimahlah kamu walau hanya dengan seekor kambing.” (H.R. Bukhari dan Muslim). Seekor kambing untuk standar orang Arab itu sangat sederhana. Dengan demikian, kita dianjurkan walimah walau sangat sederhana, misalnya kita hanya mengundang beberapa kerabat dan sejumlah tetangga. Maka itu pun sudah dikategorikan sebagai walimah.

Meskipun walimah sangat dianjurkan, namun dia tidak ada kaitan dengan masalah keabsahan pernikahan. Artinya, pernikahan dinilai sah walaupun tanpa walimah. Wallahu A’lam

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Fans Page Facebook Ustadz Aam Amiruddin di link berikut ini : https://www.facebook.com/UstadzAam/

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment