Inilah Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

keran masjid

Setiap hendak melakukan ibadah shalat, seorang muslim diwajibkan untuk berwudhu. Wudhu sendiri merupakan tindakan mencuci bagian-bagian tertentu dari tubuh menggunakan air mengalir, sehingga lebih bersih. Selain tuntutan syariat aktivitas membasuh air ke kulit ini juga bermanfaat menenangkan batin.  Lebih dari itu menurut beberapa penelitian berwudhu juga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilansir dari prayerinislam beberapa waktu lalu berikut sejumlah manfaat dari berwudhu bagi kesehatan ini:

  1. Wudhu tidak hanya membersihkan bagian-bagian penting tubuh dari kotoran dan debu, tetapi juga melembutkan serta menyegarkan kulit.
  2. Menghirup air ke dalam lubang hidung selama berwudhu mencegah kuman dan debu terperangkap atau memasuki tubuh.
  3. Membasuh wajah melindungi lapisan luar kulit dan mengurangi rasa lelah. Melakukan wudhu juga mempertahankan kesegaran wajah saat usia bertambah.
  4. Berkumur saat wudhu sangat penting, karena air menghilangkan sisa-sisa makanan yang menyebabkan masalah gigi dan bau mulut.
  5. Mencuci telinga saat wudhu membantu menyingkirkan kotoran telinga yang dapat menyebabkan infeksi. Menyeka belakang atas telinga juga mencegah infeksi seperti mastoiditis atau infeksi tulang belakang telinga.
  6. Wudhu membantu mencegah kanker kulit, karena daerah yang dibasuh merupakan bagian tubuh yang paling rentan terkena polusi. Selain itu, wudhu juga membersihkan tubuh dari pencemaran internal, misalnya keringat yang ditumpangi kuman atau bakteri lainnya.
  7. Membasuh air saat wudhu membantu menyegarkan ujung pembuluh darah, saraf dan kelenjar yang dekat permukaan kulit. Karena itu, berwudhu membantu ketiganya berfungsi secara efisien.
  8. Mencuci dan membasuh kaki saat wudhu sangat penting. Karena, sebagian besar dari kita memakai sepatu ketika beraktivitas, sehingga bakteri atau kuman berisiko hidup di sana.

Dengan demikian sungguh sangat beruntung menjadi seorang muslim yang senantiasa menegakkan shalat sehingga minimal lima kali kita melakukan wudhu yang berefek pada kesehatan. Namun jika kita menambahkan dengan beberapa shalat sunnah lainnya maka aktivitas berwudhu ini juga semakin sering sehingga kesehatan kita semakin terjaga. [ ]

alquran muasir

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

kalender
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment