Bagaimana Aturan Khitan dalam Islam?

sunatan

Ustadz, bagaimanakah sebenarnya peraturan khitan menurut Islam? Betulkah ada khitan untuk anak perempuan? Lantas, berapa batasan usia anak yang layak untuk dikhitan mengingat ada sebagian orang yang mengkhitan anaknya berbarengan dengan aqiqah pada usia 7 hari. Terima kasih atas jawabannya.

 

 

Saudara penanya yang dirahmati Allah, khitan merupakan salah satu ajaran Islam yang diturunkan Allah Swt. sebagai bagian dari bentuk kasih sayang-Nya kepada umat manusia. Ajaran tersebut jelas sekali sesuai dan sejalan dengan fitrah umat manusia. Aturan khitan dalam Islam didasarkan pada sabda Rasul Saw. berikut ini. “Lima perkara yang merupakan fitrah manusia: 1. sunat (khitan), 2. al-istihdad (mencukur rambut pada sekitar kemaluan), 3. memotong kumis, 4. mencukur bulu ketiak, dan 5. menggunting kuku. (H.R. Jama’ah dari Abu Hurairah r.a.)

alquran muasir

Para ulama berbeda pendapat dalam mengambil kesimpulan hukum khitan. Sebagian ulama menyatakan bahwa hukum khitan adalah wajib, sedangkan sebagian yang lainnya menyatakan sunnah. Khusus untuk hukum khitan bagi wanita, sebagian ulama menyebutnya sunnah berdasarkan pada hadits Nabi berikut ini.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment