Apakah Makna Kata Ganti “Kami” dalam Al-Qur’an?

alquran

Ustadz, saya mau bertanya, seringkali Allah menggunakan kata pengganti ‘kami’ di dalam Al-quran, sebenarnya kata pengganti ‘Kami’ ini bermakna apa? bukankah Allah maha besar, maha kuasa, yang tidak terbatas kekuasannya, dan tidak membutuhkan bantuan makhluknya dalam melaksanakan segala kehendaknya. Yang saya fahami kata ‘Kami’ itu bermakna jamak yang berarti ada unsur lain selain Allah, salah satu contoh dalam surah An-Nisā’ ayat 31. Selanjutnya, tidak jarang pula Allah menggunakan kata ‘Aku’ dan ‘Allah’ yang maknanya seolah-olah pesan tidak langsung, seperti dalam surah An-Nisā’ ayat 30. Apakah ada pengklasifikasian dalam ilmu Al-Quran tentang asal usul dari wahyu Allah tersebut? Mohon pencerahannya ustadz. Terima kasih.

 

 

Di dalam bahasa Arab kata ‘Nahnu’ yg artinya ‘Kami’ bukan berarti mewakili banyak orang. Dalam bahasa Arab ‘kami’ itu menunjukan lita’dim atau keagungan, kebesaran, dan kehebatan. Jadi sebenarnya kesalahannya itu disebabkan Anda menggunakan kerangka pikir bahasa Indonesia, karena yang Anda baca adalah terjemahannya.

alquran muasir

Di dalam penerjemahan itu ada yang dikenal dengan cross cultural interpretation atau inter cultural interpretation, jadi sehebat-hebatnya seseorang menguasai bahasa, orang tersebut tidak bisa mengalih bahasakan bahasa itu secara akurat.  Maka dari itu,  ada tambahan footnote di dalam Al-Qur’an Al-Muasir terjemahan kontemporer yang saya susun.

Imam syafi’i mengatakan, kalau kamu ingin menjadi ‘alim tentang agama, kamu wajib menguasai bahasa Arab.  Imam Syafi’i menambahkan pula bahwa semua orang bisa menjadi mubaligh atau penceramah (orang yang menyampaikan), tetapi tidak semua orang bisa menjadi ulama, karena ulama itu ilmunya harus terasah, memahami bahasa Arab (Nahwu sharaf, badi maanni, dll), dan memahami ilmu kekinian yangg bersifat modern supaya agama itu tidak rusak. Allahu a’lam.

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Komentar Artikel “Apakah Makna Kata Ganti “Kami” dalam Al-Qur’an?

  1. iwa qoswa

    قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِ™يَدَيَّ℅ ۖ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ
    “Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang AKU Ciptakan dengan ™Kedua Tangan-KU℅. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu termasuk mereka yang tinggi?”.

    Dan tidak Aku Ciptakan jinn & manusi kecuali untuk menghamba. Tidak Aku Inginkan sedikit pun rizqi dari mereka & tidak Aku Inginkan mereka memberi makan. Sesungguhnya ALLAH DIA Pemberi rizqi Memiliki Kekuatan Berurat Akar.

Leave a Comment