Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Anak, Terapkan Sejak Dini

61

Sudah menjadi fitrahnya, setiap anak akan mengalami masa pubertas seiring bertambahnya usia mereka. Sehingga sudah seharusnya pula, mereka mendapat pendidikan seksualitas sejak dini. Sayangnya, mayoritas masyarakat Indonesia masih menganggap dan menilai bahwa masalah seks dan kesehatan reproduksi adalah sesuatu yang “tabu” untuk dibahas, apalagi  untuk dibicarakan dengan anak-anaknya. Padahal, bila mengacu pada proses atau tahapan pendidikan anak, membicarakan seksualitas merupakan salah satu tanggung jawab orangtua, Dengan pendidikan yang tepat, kelak anak-anak mempunyai pemahaman yang baik tentang dirinya dan apa yang ada pada dirinya termasuk fungsinya.

Berdasarkan teori para ahli psikologi anak dan remaja, peletakan dasar  pendidikan seks yang efektif dan paling mudah adalah saat prasekolah. Pada usia ini, perkembangan otak anak sangat pesat mencapai 80 persen sehingga dinamakan “masa emas”. Hasil pendidikan yang ditanamkan (selama sesuai dengan  perkembangannya) akan lebih merasuk pada jiwa dan terekam kuat pada ingatan anak. Begitu juga dengan pendidikan seks dan kesehatan reproduksi sejak dini. Penyampaian yang wajar, jujur, dan sederhana, serta menggunakan bahasa yang mereka pahami, akan membentuk konsep diri anak yang positif. Anak juga bisa melindungi kesehatan diri serta menjaga diri dari ancaman kekerasan seksual di kemudian hari.

alquran muasir

Hal ini juga diakui psikolog anak dan remaja, Alva Handayani. Menurutnya, anak yang mengalami masa puber adalah sesuatu yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan para orangtua. Walaupun pubertas di usia yang lebih dini sering kali membuat orangtua bingung, namun yang perlu dilakukan orangtua adalah memberi pemahaman dan penjelasan yang tepat sesuai dengan tingkat logikanya. Ia (anak) tengah mengalami suatu kejadian yang luar biasa sehingga pengetahuan tentang apa yang tengah terjadi dengan dirinya sangat penting. Jika anak tidak mendapatkan penjelasan dari orang yang dipercaya (orangtua), maka sangat dimungkinkan ia mencari tahu dengan yang lain baik bertanya pada temannya atau mencari tahu lewat media lain (buku,internet) yang bisa berbahaya. Ada 2 faktor mengapa pendidikan seks pada anak itu penting . . . . . .

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment