Inilah 6 Cara Memanfaatkan Kayu Manis Jadi Obat Alami

kayu manis

Kayu manis, dalam bahasa Inggris disebut cinnamon, memiliki rasa enak dan sering digunakan sebagai pengobatan herbal. Biasanya dipakai untuk mengobati kram, perut kembung, sakit kepala, dan sakit karena radang sendi artritis.

Ada baiknya, sahabat PercikanIman.id menyediakan kayu manis di rumah baik dalam bentuk batang atau bubuk. Jangan lupa pula madu. Biasanya madu menjadi campuran untuk mencairkan bubuk kayu manis. Kalau pun tidak digunakan sebagai obat, Anda dapat memakainya sebagai bahan pembuat kue.

alquran muasir

Berikut adalah beberapa cara pemanfaatan kayu manis sebagai obat alami atau herbal.

1. Untuk sakit karena radang sendi

Satu sendok makan madu ditambah setengah sendok teh bubuk kayu manis. Campuran itu diminum sebelum sarapan. Minumlah setiap hari selama satu bulan. Sakit karena artritis akan berkurang.

kalender

2. Segelas teh kayu manis

Anda sakit perut? Larutkan satu setengah sendok teh kayu manis dalam satu cangkir air hangat. Tutup cangkir dan biarkan selama 15 menit, kemudian minum seperti halnya teh biasa. Dapat juga untuk mengobati diare.

3. Obat batuk

Untuk batuk yang berhubungan dengan flu, masak satu panci kecil air hingga mendidih lalu masukkan satu batang kayu manis sampai mendidih. Setelah dua menit keluarkan batang kayu manis dari air dan gunakan air rebusan untuk menyeduh teh herbal, misalnya teh hijau. Minum dua kali sehari.

4. Sakit kepala dan migrain

Buatlah parem kayu manis. Caranya, campur satu sendok teh bubuk kayu manis dengan satu sendok teh air. Oleskan di kening dan dahi.

5. Perut begah

Jika Anda terlalu banyak makan dan perut terasa begah, campur sedikit bubuk kayu manis dengan dua sendok teh madu. Minum campuran itu sebelum waktu makan. Campuran itu akan menghilangkan rasa asam dalam perut dan melancarkan pencernaan.

6. Sakit gigi

Campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan lima sendok teh madu dalam mangkuk kecil. Aduk dengan seksama. Oleskan sedikit campuran tersebut langsung ke gigi yang sakit menggunakan jari yang bersih atau cottonbuds. (Dari Berbagai sumber)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment