Hukum Mencicil Rumah dengan KPR

kpr rumah

Pak Ustadz, saya mau bertanya apakah benar mengambil Kredit Perumahan itu haram? Sedangkan saya ingin sekali punya rumah sampai sekarang saya masih tinggal bersama mertua. Tetapi ketika mau mengambil KPR ada teman yang bilang itu hukumnya haram? Bagaimana sebenarnya hukum membeli rumah dengan menggunakan cicilan bank atau KPR ini?  Terima kasih.

 

 

Orang membeli rumah dengan beberapa cara. Yang memiliki uang banyak, tentu ia membelinya tunai. Namun, di zaman sekarang hanya segelintir orang yang bisa membeli rumah dengan cash. Ada, tapi tidak banyak. Nah, ada juga orang yang membeli rumah itu yang paling banyak sekarang membeli rumah dengan cara mencicil.  Ada juga dengan cara menabung. Cara menabung ini akan sulit karena tidak akan terkejar melihat harga rumah sekarang ini apabila ditunda setahun lagi misalnya akan mengalami beda harganya. Maka solusinya yaitu KPR.

alquran muasir

Cara kredit rumah dapat dengan melalui bantuan bank, walaupun ada yang berpendapat membeli rumah dengan bantuan bank itu haram. Kita menggunakan jasa bank untuk keperluan utama seperti kepemilikan rumah yang merupakan kebutuhan primer. Seorang suami itu wajib memenuhi sandang, pangan, dan papan. Nah, salah satunya ketika memenuhi kebutuhan papan ini, bisa membelikan rumah atau mengontrakkan kalau belum mampu. Sebenarnya, kalau suami membelikan rumah untuk istrinya, maka rumah itu menjadi milik istrinya. Kenapa? Karena suami diwajibkan menafkahi.

Dalam surah An-Nisa diungkapkan bahwa laki-laki itu wajib menafkahi istri. Menafkahi itu apa?

[AdSense-A]

kalender

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah