Puasa Digenapkan 30 Hari, Idul Fitri Jatuh pada Hari Rabu

lukman hakim syaifuidin

Menteri Agama, Lukman Saifuddin, memastikan Ramadhan 1437 Hijriah genap 30 hari, yang berarti 1 Syawal atau Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

“Dari Indonesia barat sampai timur dikonfirmasi perukyat yang telah disumpah tidak melihat hilal,” kata dia, dalam konferensi pers hasil Sidang Itsbat 1 Syawal 1437 Hijriah/2016 Masehi, di Jakarta, Senin (4/7/2016).

alquran muasir

Dia mengatakan. berdasarkan hisab, hilal pada 29 Ramadhan atau Senin petang ada di -2 derajat 45 menit dan -0 derajat 49 menit. Dengan kata lain, bulan baru pada 29 Ramadhan berada di bawah ufuk.

Berdasarkan kriteria pemerintah, posisi hilal yang ada di bawah 2 derajat tidak memenuhi ketentuan terlihatnya bulan baru dengan mata telanjang di 90 titik pengamatan. Dengan begitu, hilal tidak mungkin terlihat dan bulan Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari atau Lebaran 2016 jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016.

Hal itu berbeda jika bulan terlihat pada hari ke-29 Ramadhan. Jika bulan baru nampak di atas 2 derajat maka sudah dianggap bulan baru.

kalender

Artinya, pada Senin malam sudah dianggap memasuki 1 Syawal dan pada Selasa (5/7) umat Islam di Indonesia sudah dapat melaksanakan shalat Idul Fitri.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Ma’ruf Amin, berharap keputusan 1 Syawal pemerintah lewat itsbat tersebut dapat diikuti oleh umat Muslim sehingga Lebaran 2016 dapat dirayakan secara bersama-sama.

“Insya Allah dirayakan bersama-sama. Kita satukan pernyataan-pernyataan kita, arahnya. Islam ke depan agar bisa bersatu,” kata dia.

Sumber  : Antara

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment