Tips Mudah Memilih Parcel Lebaran

343a

Menjelang perayaan Idul Fitri atau Lebaran segera tiba, inilah moment tepat untuk saling mengeratkan silaturahmi, berkumpul bersama keluarga dan juga mengunjungi kerabat serta sahabat. Menyambut hari raya Idul Fitri, sebagian masyarakat terbiasa melengkapi moment suci ini dengan bingkisan parcel untuk diberikan pada orang-orang terkasih.

Tradisi inilah yang sering dijadikan sebagai peluang bisnis bagi para pelaku usaha parcel musiman skala rumah tangga maupun produsen parcel skala besar. Parcel yang ditawarkan pun sangat beragam mulai dari parcel produk makanan, parcel aneka souvenir, sampai parcel pecah belah.

alquran muasir

Banyaknya pedagang parcel yang bermunculan pada moment lebaran memang membuat kita memiliki banyak pilihan dari segi harga dan jenis parcel yang diinginkan. Namun jangan salah, banyaknya produk parcel yang ditawarkan membuat kita juga harus ekstra hati-hati dalam memilihnya, apalagi untuk jenis parcel yang berisi produk makanan. Tidak semua makanan yang ada di dalam parcel tersebut dari produk halal, jadi bagi masyarakat muslim wajib bagi kita untuk cermat dan teliti sebelum membeli parcel.

Agar Anda tidak salah memilih produk parcel, berikut ini kami berikan tips memilih parcel lebaran yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan parcel di hari spesial.

1.Amati Produk

kalender

Parcel biasanya disajikan dengan cara ditumpuk kemudian di tata dalam keranjang dan dikemas menggunakan plastik transparan. Ini kadang sedikit mempersulit kita dalam mengamati isi parcel tersebut. Usahakan cari parcel yang dapat kita lihat dengan jelas apa saja produk makanan di dalamnya.

2.Label Halal

Untuk menjamin kehalalan produk makanan pilihlah produk makanan yang memiliki label MUI. Namun Anda juga harus berhati-hati karena sekarang juga ada logo halal yang belum tentu berdasarkan sertifikasi halal MUI.

Kini banyak produk makanan asing yang masuk ke Indonesia dengan ingredients (bahan) yang sulit di baca dan di pahami. Biasanya terjadi pada makanan yang berasal dari Cina, Korea dan lain-lain. Untuk menghindari keraguan mengenai kehalalan produk tersebut, lebih baik tidak memilih produk ini dengan alasan keamanan dan kenyamanan penerima parcel.

3.Kemasan

Kemasan fisik merupakan hal yang paling mudah diamati. Perhatikan benar tampilan kemasannya apakah rusak, penyok, berkarat dan pada produk kaleng bisa terjadi menggembung atau bocor. Karena kemasan memiliki fungsi sebagai pelindung produk di dalamnya, jadi jika kemasan luarnya rusak maka bisa dipastikan produk di dalamnya pun dikhawatirkan tidak layak konsumsi.

4.Kadaluwarsanya (Expired Date)

Informasi batas penggunaan produk atau tanggal kadaluarsa sangat penting pada sebuah produk. Ini adalah salah satu point penting yang menentukan layak tidaknya produk tersebut digunakan. Teliti benar sebelum membeli karena biasanya informasi tersebut di cantumkan dengan tulisan kecil.

5.Legalitas

Legalitas sebuah produk biasanya terlihat dari ada atau tidak adanya nomor MD, ML maupun SP dari produk tersebut. Nomor ini dikeluarkan oleh BPOM yang menunjukan izin kelayakan makanan tersebut untuk dikonsumsi dan diedarkan kepada masyarakat luas.

Nah, setelah membahas beberapa tips penting dalam memilih parcel. Ramadhan adalah salah satu momen tepat wujudkan kepedulian dengan berbagi kepada sesama. Niatkan memberi parcel sebagai wujud syukur kepada Allah bukan untuk berharap kepada manusia apalagi jika niatkan untuk mengambil hati penerima. Jangan kotori ibadah selama bulan Ramadhan dengan niat riya dan ingin dipuji manusia. [berbagai sumber]

 

Red:admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment