Tetap Berolah Raga Meski Sedang Puasa, Ini Waktu Yang Tepat

342

Menjaga kesehatan adalah mutlak diperlukan dalam segala kondisi dan situasi karena mempunyai tubuh yang sehat adalah salah satu modal untuk melakukan aktivitas. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tersebut adalah dengan rutin olah raga. Namun sebagian masih enggan melakukannya,apalagi saat ini tengah menjalankan puasa. Orang masih beranggapan olahraga saat puasa kurang sehat karena akan menguras energy,sementara asupan makanan tidak ada.

Anggapan ini tentu tidak benar,saat puasa bukan sama sekali puasa olahraga juga. Karena menjaga kebiasaan baik berolahraga bisa membuat tubuh tetap bugar selama menjalankan aktivitas di bulan Ramadhan termasuk saat puasa. Tentu saja yang perlu diperhatikan adalah porsinya,baik durasi waktunya maupun kegiatan olahraganya jangan yang berat. Saat berpuasa, olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan yang tidak terlalu memforsir tubuh sehingga banyak mengeluarkan keringat atau cairan tubuh. Selain itu tentu,  Sobat Mapi harus memilih waktu yang tepat. Beberapa ahli kesehatan dan juga olahragawan menyaran waktu yang tepat untuk olahraga ada dua,yaitu:

promooktober
  1. Sore hari menjelang berbuka puasa

Waktu menjelang berbuka puasa adalah waktu yang tepat untuk berolahraga di sore hari. Kondisinya  sudah tidak panas sehingga tidak cepat nyaman untuk berolahraga ringan. Durasi yang disarankan adalah 30 menit hingga satu jam sebelum berbuka puasa. Dipilihnya waktu ini,karena begitu selesai berolahraga bisa langsung minum, sehingga kehabisan gula darah saat berolahraga bisa tergantikan. Sementara alasan lainnya adalah bisa terhindar dari resiko dehidrasi karena cairan yang keluar segera dapat tergantikan.

  1. Pagi hari setelah sahur

Waktu lain yang disarankan adalah pagi hari setelah sahur . Alasannya karena waktu ini udara masih segar dan bersih.  Selain itu karena belum ada terik matahari sehingga rasa haus atau keletihan karena kepanasan dapat terhindarkan.

Sementara itu beberapa olahraga yang disarankan saat berpuasa adalah jogging, treadmill, dan bersepeda atau sekedar berjalan-jalan. Nah, selamat berolahraga agar tetap bugar dan fit selama menjalankan puasa Ramadhan. Ingat salah salah satu hikmah puasa seperti yang disampaikan Rasulullah Saw adalah menyehatkan. Dengan kondisi tubuh yang sehat maka insya Allah puasa kita akan lancar selama sebulan penuh. [ ]

 

Red: Fatih

Editor: Iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

(Visited 29 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment