PUI Jabar Ajak Ummat Islam Agar Berjiwa Unggul, Mandiri dan Bermartabat

1

Pimpinan Pusat Persatuan Ummat Islam (PP PUI) secara resmi melantik Pimpinan Wilayah (PW) PUI Jawa Barat bersama PW Wanita PUI Jawa Barat periode 2016 – 2021  di Bandung, Ahad (26/6/2016). Acara pelantikan ini dihadiri ratusan pengurus yang terdiri unsur Pimpinan dan Anggota Majelis Syura PUI,DPP PUI,DPW PUI Jabar,Dewan Pertimbangan Wilayah, Dewan Pakar Wilayah, Dewan Syariah Wilayah, DPD PUI se-jabar, PW Wanita PUI Jabar serta tamu undangan dari perwakilan ormas-ormas Islam tingkat Jawa Barat.

Dalam sambutannya usai dilantik, Ketua Umum PW PUI Jabar DR.KH.Engkos Kosasih,Lc,M.Ag mewakili pengurus menyampaikan rasa syukurnya dimana kepengurusannya dapat dilantik disaat bulan Ramadhan. Seperti bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan keberkahan, dirinya berharap PUI khususnya di Jabar pun dapat membawa sekaligus menghadirkan rahmat bagi ummat Islam yang ada di Jabar.

alquran muasir

Terkait acara pelantikan dan rapat kerja wilayah yang mengambil tema “Menuju Terwujudnya PUI Jawa Barat  Yang Unggul, Mandiri dan Bermartabat,” KH.Engkos menyampaikan tiga target  utama yang hendak dicapai selama kepemimpinannya. Pertama adalah PUI harus memiliki keunggulan dalam segala bidang.

“PUI harus mentransformasikan semangat dalam upaya menambah kapasitas kader-kadernya untuk menjadi kader yang unggul dengan kekhasan yang dimiliki sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,”terangnya.

Kedua adalah memiliki sikap dan semangat kemandirian yakni mandiri dalam hal ide, kreativitas serta originalitas karya dan tidak melakukan plagiasi. Ia menambahkan kemandirian PUI yang ingin diwujudkan juga dari segi financial sebagai salah satu penggerak program kerja yang tidak bergantung pada bantuan dari pihak lain termasuk dari pemerintah.

kalender

“PUI harus mandiri dari sisi ekonomi artinya mempu menciptakan peluang-peluang dan sumber ekonomi keummatan untuk menopang kegiatan namun pemerintah juga sebagai mitra PUI dalam membangun masyarakat dari aspek dakwah, sosial dan pendidikan harus tetap bersinergi,”imbuhnya.

Pengurus Wanita PUI Jabar

Sementara yang ketiga adalah bermartabat yang dimaksudkan segenap potensi yang dimiliki PUI harus mampu menghadirkan serta mewujudkan hasil karya bagi ummat, bangsa dan Negara dengan membawa nilai yang bermartabat baik dari sisi kemanusiaan maupun bermartabat dari sisi agama. Hal ini menjadi penting agar karya nyata dan kiprah PUI dalam masyarakat bukan sekedar diukur dari sisi duniawi semata namun juga harus berorientasi pada kepentingan ukhrowi (akhirat).

“Untuk itu izinkan saya menyampaikan tagline atau semangat PUI Jabar selama lima tahun kedepan yakni “Dari PUI Untuk Negeri”. Ini akan menjadi semangat kita semua dalam bekerja mengimplementasikan program kerja yang telah kita susun, sepakati serta kita tetapkan bersama,”ujarnya.

Dirinya berharap dengan semangat tersebut kader PUI akan memberikan pelayanan yang professional dan proporsional sehingga keberadaan PUI yang lebih dari satu abad ini semakin dekat dan dirasakan oleh masyarakat. Usai pelantikan acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Rumah Dinas Gubernur Jabar (Gedung Pakuan) DR.KH.Ahmad Heryawan,Lc yang juga Ketua Majelis Syura PUI.  [ ]

 

Rep: Iman

Editor: Candra

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment