Cara Membiasakan Anak agar Terbiasa Melaksanakan Shalat

sujud

Pak Ustadz Aam yang saya hormati, saya adalah seorang ibu rumah tangga yang sudah memiliki anak. Bagaimanakah cara membiasakan anak agar terbiasa melaksanakan shalat di usia tujuh tahun?

 

Begini Ibu, anak itu lebih sering mengikuti apa yang sering dia lihat. Kenapa? Hikmah dari firman Allah yang mengatakan sebaik-baik tempat salat untuk wanita itu di rumah. Kenapa? Karena supaya anak melihatnya. Kalau Anda lihat di Al Qur’an surat Fusilat (41), kita ini harus menjadi orang yang mengajak kepada kebaikan.Tetapi bukan hanya mengajak, melainkan juga harus memberikan contoh yang baik.

alquran muasir

“Orang paling baik perkataannya adalah orang yang menyeru kepada Allah dan mengerjakan kebajikan serta berkata, ‘Sungguh, aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (Q.S. Fussilat [41]: 33)

Jadi, kita bukan hanya pandai menyeru, bukan hanya menyuruh anak untuk salat, tetapi ucapan kita pun harus sesuai dengan perilaku kita. Kalau ingin membiasakan anak untuk salat, tentu saja ada dua cara yaitu dengan ucapan dan dengan keteladanan. Ketika menyuruh anak untuk mengambil air wudlu, tentu saja kita harus sudah siap dengan mengambil air wudhu lebih dulu dan siap melaksanakan salat. Ini adalah rumus sederhan yaitu ucapan dan perbuatan sejajar, ucapan dan perilaku berbanding lurus.

Ketika dalam sebuah rumah tidak ada pembantu. Kerja sama suami istri terlihat ketika suami membantu pekerjaan istri. Seorang Ayah tidak berbicara kalau kita harus membantu pekerjaan istri, tetapi karena itu menjadi sesuatu yang sering terlihat oleh anaknya, maka ketika anaknya sudah memiliki istri ia pun memperlakukan istrinya seperti ayahnya memperlakukan ibunya.

kalender

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah