Saat Mudik, Sebaiknya Berbuka atau Tetap Puasa?

mudik motor

Pak Ustadz yang terhormat, pada saat mudik (ke luar kota) apakah sebaiknya kita berbuka atau tetap puasa? Terima kasih atas jawabannya.

 

Mudik merupakan bagian dari bentuk safar (perjalanan). Disebut mudik karena perjalanan itu dilakukan khusus dengan tujuan pulang kampung dalam suasana Idul Fitri. Menjawab pertanyaan tadi, baiknya kita kembali pada ketentuan shaum saat melakukan safar.

Safar merupakan salah satu sebab dibolehkannya berbuka shaum (rukhshah atau keringanan). Rukhshah tersebut bisa diambil bisa juga tidak, bergantung pada keadaan masing-masing orang. Rasulullah Saw. pun pernah memerintahkan kepada umatnya untuk memilih antara berbuka maupun tetap melanjutkan shaum. Di lain waktu, Rasulullah Saw. mencontohkan kepada umatnya untuk berbuka. Di saat yang lain, Rasulullah Saw. tetap shaum saat perjalanan.

Kesimpulannya, berbuka atau melanjutkan shaum saat mudik adalah sama baiknya. Jangan memaksakan diri untuk terus shaum padahal kondisi sudah kepayahan dan jangan pula mengada-ada dan mencari-cari alasan supaya bisa berbuka dan melupakan kewajiban meng-qadha-nya. Wallahu a’lam.

alquran muasir
FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment