Makan Banyak, Sebaiknya Saat Buka atau Sahur?

234

Oleh: Muhammad Isman*

Hasrat untuk makan banyak biasanya muncul ketika kita berbuka puasa. Maklum, kita telah menahan lapar dan haus selama hampir seharian.  Membengkaknya porsi makan saat berbuka juga berkaitan erat dengan kebiasaan makan sahur. Rata-rata, mereka yang berbuka dengan porsi besar, makan sahurnya sedikit sekali. Itu pun kadang harus dipaksakan, yang penting menjalankan sunah bersahur.

alquran muasir

Namun, benarkah pola makan seperti itu dari segi kesehatan? Apakah pola makan ini menunjang aktivitas ibadah kita saat puasa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya ajak Anda memahami mekanisme pencernaan tubuh berdasarkan jam kerjanya.

Pukul 20.0002.00

Ini adalah saat ketika lambung beristirahat dan tibalah giliran usus besar dan usus kecil bekerja secara maksimal.  Artinya, makanan yang dikonsumsi, baik waktu sahur maupun di waktu buka, secara maksimal akan dicerna, diserap, dan didistribusikan ke seluruh bagian tubuh, bahkan hingga ke sel terkecil sekalipun.

kalender

Mekanisme pencernaan ini memerlukan energi yang besar, sehingga sangat disarankan kita beristirahat agar fokus energi yang dipakai tidak terganggu. Sebaiknya kita menghentikan aktivitas berat saat mekanisme ini terjadi, termasuk menghentikan makan. Tidur, berzikr, mengkaji Al-Qur’an, membaca buku, menyimak tausiyah, atau sekadar berbincang ringan adalah contoh aktivitas yang dapat kita pilih di jam ini.

Meski kita telah berpuasa seharian, mekanisme ini tidak akan berubah karena telah diatur oleh sensor pada otak yang bernama SCN. Sensor ini bereaksi terhadap pergantian siang dan malam, serta isyarat yang dihasilkannya akan menentukan bagaimana mekanisme tubuh ini bekerja. Salah satunya adalah optimasi pencernaan makanan sebagaimana saya jelaskan.

Jadi, praktis kita hanya punya waktu satu sampai satu jam setengah untuk makan malam saat buka puasa. Karena, sebelum pukul 20.00 seluruh kegiatan makan harus sudah dihentikan, kecuali minum air putih. Lalu makan banyak sebaiknya saat berbuka atau pas sahur……………?

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment