Ingin Lancar Rezeki di Bulan Ramadhan? Ini Syaratnya

7a

Ramadhan telah tiba bulan penuh rahmat dan ampunan. Setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadan, dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt. Namun bagi sebagian orang,bulan Ramadhan dianggap bulan sepi rezeki khususnya bagi pedagang makanan siap santap, karena siang hari tidak bisa jualan atau sepi pembeli. Sementara disatu sisi justru ada orang yang kebanjiran rezeki karena bulan Ramadhan.

Lalu bagaimana kiatnya atau rahasia tamalan yang bisa memperlancar rezeki?. Dalam Al-Qur’an telah disebutkan bahwa Allah Swt telah menjamin rezeki setiap makhluk yang diciptakan-Nya. Seperti firman-Nya:

alquran muasir

Tidak ada satu pun makhluk bernyawa di bumi melainkan Allah menjamin rezeki mereka. Allah mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauĥ Maĥfūź).” ( QS.Hud: 6)

Allah melapangkan rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan mem¬batasi kepada siapa yang dikehen¬daki-Nya. Mereka bergembira dengan kehidupan dunia, padahal kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang sedikit di¬banding dengan kehidupan akhirat.” (QS.Ar Rad : 26)

Untuk kelancaran rezeki kita setiap harinya termasuk saat bulan Ramadhan ternyata bukan karena banyak kerja atau kerja keras banting tulang,peras keringat. Ikhtiar atau berusaha memang sangat dianjurkan dalam Islam namun modal otot saja tidak cukup untuk menarik rezeki dari Allah tersebut. Agar rezeki lancar kuncinya adalah:

kalender
  1. Sikap takwa.

Hal ini berdasar pada firman Allah Swt.

“….Siapa pun yang bertakwa kepada Allah, pasti Allah akan membukakan jalan keluar baginya,dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Siapa pun yang bertawakal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya, Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sungguh, Allah telah menetapkan ukuran untuk setiap sesuatu.” (QS. At-Talaq :2-3)

Pesan moral ayat ini adalah: bertakwalah dengan sebenar-benar takwa, maka rezeki itu akan dimudahkan Allah.

  1. Beriman dan beramal saleh

Ada lagi, dalam ayat lain, al-Qur’an menyebutkan:

Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, pasti Kami akan berikan kehidupan yang baik kepadanya dan balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. “(Q.S. Al-Nahl: 97).

Beberapa mufasirin  (pakar tafsir) yang mengartikan kata “hayah thayyibah” atau kehidupan yang baik pada ayat ini sebagai rezeki dan kebahagiaan dunia. Pesan moral ayat ini adalah: jika kita ingin dimudahkan rezekinya maka berimanlah ,beramal saleh dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh.

  1. Berinfak atau sedekah.

Salah satu keutamaan sedekah adalah ia akan menjadi sebab Allah membuka pintu-pintu rezeki. Selainitu sedekah juga akan mengundang rahmat Allah. Dalam sebuah hadis Rasulullah Saw bersabda kepada Zubair bin al-Awwam:

Hai Zubair, ketahuilah bahawa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, nescaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, nescaya Allah menyedikitkan baginya.” (HR. Ad-Daruquthni dari Anas r.a.)

Dalam sebuah hadis yang lain juga disebutkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Tidak ada satu hari pun yang dialami hamba-hamba kecuali ada dua malaikat . Yang satu berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak.’Sedang yang lain berdoa, ‘Ya Allah, berilah kehancuran kepada orang yang menahan (tidak menginfakkan) hartanya.’” (Hadits ini sahih dan diriwayatkan dari Abu Hurairah oleh Bukhari dan Muslim).

Pesan moral hadis ini adalah banyak-banyaklah berinfak dan bersedekah agar banyak mendapat ganti dari Allah. Mumpung sekarang bulan Ramadhan dimana Allah Swt juga akan melipatkangandakan pahala-Nya maka segera berlomba dalam kebaikan termasuk berinfak atau sedekah sebanyak-banyak yang kita mampu. Selain berpahala berlipat juga akan membuka pintu rezeki yang lain. [berbagai sumber]

 

 

Red: Fatih

Editor: Iman

Ilustrasi foto: Norman

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment