Hukum Nonton Acara Infotainment

televisi

Bagaimana hukumnya menonton acara gosip selebritis yang ditayangkan di berbagai stasiun televisi?

Silakan perhatikan ayat berikut, “Hai, orang-orang beriman! Jauhilah banyak prasangka buruk. Sesungguh nya, prasangka buruk itu dosa. Jangan kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah kamu menggunjing sebagian lain. Apakah kamu mau me makan daging saudaramu yang sudah mati? Tentu kamu jijik. Bertakwalah ke pada Allah. Sesungguhnya, AllahMaha Penerima Tobat, Maha Penyayang.” (QS. Al-Ĥujurāt [49]: 12).

alquran muasir

Ayat ini mengajarkan sifat-sifat kemuliaan yang harus kita miliki, yaitu: jauhi prasangka, jangan mencari-cari aib dan kesalahan orang lain, dan jangan menggosip.

Apakah gosip itu? Silakan cermati dialog Rasulullah Saw. dengan para sahabatnya. Nabi Saw. bertanya kepada mereka, “Tahukah kamu apakah yang disebut ghibah (gosip) itu? Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Nabi Saw. menjawab, “Gosip adalah kamu membicarakan saudaramu tentang sesuatu yang ia tidak sukai.” Kemudian Nabi Saw. ditanya, “Bagaimana jika pada saudaraku itu terdapat apa yang saya katakan tadi?” Rasulullah Saw. menjawab, “Jika padanya terdapat apa yang kamu bicarakan itu, maka berarti kamu mengumpat dia. Dan jika tidak seperti apa yamg kamu bicarakan itu, maka berarti kamu telah menuduh dia.” ( H.R. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i).

Hadis ini menjelaskan makna gosip, yaitu menceritakan sesuatu yang tidak disukai orang lain tanpa sepengetahuannya. Sedangkan kalau kita membicarakan sesuatu yang disukainya, misalnya tentang prestasi, kecerdasan, dan pengorbanannya, pokoknya hal-hal yang positif tentang orang tersebut, hal itu tidak disebut gosip.

kalender

Jika kita mendengar berita dan kita melakukan pengecekan ulang (kroscek) kepada objek berita, ini pun tidak disebut gosip api merupakan berita yang diklarifi kasi. Keumuman infotainment di media cetak atau elektronik, selalu melakukan pengecekan pada objek berita, kita tidak bisa mengategorikannya sebagai gosip tapi merupakan berita hiburan.

Kita harus mewaspadai infotainment karena sering menyita waktu dan kesempatan yang berharga. Alangkah merugi orang yang menghabiskan waktunya berjam-jam di depan televisi untuk hal-hal yang kurang manfaatnya. Padahal menurut firman Allah Swt. orang yang beruntung yaitu,

“Orang yang menjauhkan diri dari per buatan dan perkataan tidak berguna.” ( Q.S. Al-Mu’minūn [23]: 3)

Bertolak dari analisis ini, bisa disimpulkan bahwa infotainment bukan dikategorikan gosip tapi merupakan berita yang bersifat menghibur yang kurang manfaatnya. Sungguh beruntung orang-orang yang menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat. Wallahu A’lam

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment