Masjid Bilal Bin Rabah, Masjid Pertama dan Terbesar di Lexington AS

masjid

Sejalan pertambahan jumlah warga muslim di Amerik Serikat dalam beberapa dekade terakhir, bertambah pula jumlah masjid yang umumnya dibangun oleh komunitas muslim imigran atau keturunan Afrika. Salah satunya adalah masjid Bilal Bin Rabah, masjid pertama dan terbesar di kota Lexington, negara bagian Kentucky.

Kaum Muslim mulai menetap di kota Lexington lebih dari 40 tahun yang lalu. Awalnya, komunitas muslim ini jumlahnya sedikit sebelum kemudian mereka berkembang dan diakui keberadaannya pada tahun 1975. Sebelum itu, tidak ada bangunan Masjid untuk melaksanakan ibadah di kota ini.

alquran muasir

Setelah sempat menyewa rumah dan berpindah tempat, komunitas muslim di kota ini akhirnya mendirikan tempat ibadah secara permanen pada  1978 yang berlokasi di 572 Georgetown Street.  Tempat ini merupakan masjid pertama di Lexington, dan kemudian diberi nama dengan Masjid Bilal Bin Rabah.

Nama masjid ini mengambil nama salah satu sahabat Nabi Saw yang dikenal sebagai menjadi muazin tetap selama Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wasallam.

Seiring waktu, masjid berukuran kecil ini berkembang menjadi pusat kegiatan kaum muslim di Lexington. Setelah menyewa selama lebih dari dua dekade, Masjid Bilal akhirnya berstatus hak  milik komunitas muslim pada tahun 2001. Masjid Bilal ini terus melayani kebutuhan masyarakat Lexington yang ingin mengenal Islam lebih dekat. Di masjid ini, komunitas muslim mendirikan layanan untuk masyarakat bernama SHARE Center yang dibuka sejak tahun 2010.

kalender

Masjid Bilal kemudian berkembang dan menjadi penuh sesak sehingga pada musim semi tahun 2004 Masjid ini dipindahkan ke alamat 1545 Russell Cave Road.  Di tempat baru seluas 2,4 are ini, kapasitas untuk beribadah lebih luas termasuk untuk parkir dan halaman masjid.

Bangunan masjid pun beberapa kali mengalami renovasi untuk memperluas kapasitas jamaah. Berbagai fasilitas seperti sistem pengatur suhu udara, listrik, area parkir, karpet terus diperbaharui. Hingga saat ini, masjid ini terus berfungsi sebagai pusat kegiatan ibadah dan da’wah masyarakat Lexington.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment