Hadis-hadis Seputar Kesabaran dan Ujian dalam Hidup

pemulung

Sebagai bekal kesabaran dalam menjalani dan menghadapi berbagai ujian hidup, bisakah Ustadz menyampaikan sejumlah hadis tentang ujian?

 

Berikut saya cantumkan sejumlah hadis tentang ujian dan kesabaran. Mudah-mudahan kita dapat memahami makna sebuah ujian.

alquran muasir

1. Sesungguhnya kesedihan, kesakitan, kegundah an, dan berbagai penderitaan lainnya merupakan penghapus berbagai dosa dan maksiat yang pernah kita lakukan. Berkata Abu Sa’id dan Abu Hurairah r.a., telah bersabda Nabi Saw., “Seorang muslim yang tertimpa penderitaan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri, semuanya itu merupakan kafarat (penebus) dari dosa-dosanya.” ( H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Ujian merupakan perahu yang akan mengantarkan kita pada  Abu Hurairah r.a. berkata, telah bersabda Rasulullah Saw., “Barangsiapa yang dikehendaki Allah mendapatkan kebaikan, maka Allah Swt. akan memberinya cobaan.” ( H.R. Bukhari)

3. Ujian menjadi sarana untuk mendapatkan rido dan cinta-Nya. Anas r.a. berkata, Nabi Saw. bersabda, “Sesungguhnya besarnya pahala itu bergantung pada besarnya cobaan. Sesungguhnya apabila Allah Ta’ala itu mencintai suatu kaum, maka ia mencobanya, barangsiapa yang rela menerimanya, maka ia pun mendapat keridoan Allah dan barangsiapa yang murka, maka ia pun mendapat murka Allah.” ( H.R. Tirmidzi)

kalender

4. Ciri keislaman seseorang telah sempurna apabila ditimpa musibah ia mampu bersabar dan kalau dikaruniai nikmat bisa bersyukur. Berkata Abu Yahya Shuhaib bin Sinan r.a., Rasulullah Saw. bersabda, “Sangat mengherankan keadaan seorang mukmin itu, segala
keadaan dianggapnya baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan ia bersyukur maka itu lebih baik baginya, dan apabila ditimpa penderitaan ia bersabar maka itu lebih baik baginya.” ( H.R. Muslim)

Foto Ilustrasi : Norman

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Aplikasi Dakwah Ustadz Aam Amiruddin di Google Playstore  untuk pengguna Android atau di iOS App Store untuk pengguna Apple.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment