Peristiwa Besar di Bulan Ramadan, Dari Mekah Sampai Indonesia

0
85
  1. Pasukan Islam Mengalahkan Tentara Mongol

Pada tahun 126 sampai 1405 M, kaum Mongol memperluas wilayah taklukannya ke hampir seluruh benua Asia. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kehebatan jenderal tentara Mongol saat itu yaitu Genghis Khan. Pada misi penaklukan itu, mereka telah membunuh jutaan umat manusia. Pada tahun 1258, tentara Mongol yang berada di bawah pimpinan jenderal Hulagu Khan menyerbu kota Baghdad yang menjadi simbol kemegahan Dinasti Abbasiah.

Dalam serangan itu, banyak umat Islam terbunuh dan banyak buku karangan sarjana Islam dibuang ke dalam Sungai Eufrat dan Dajlah sehingga airnya menjadi hitam karena tinta. Pada 15 Ramadan 658 H atau 1260 M, tentara Islam mengalami kebangkitan dan merencanakan serangan balasan atas kekalahannya.Tentara Islam dan para ulama yang dipimpin oleh Sultan Qutuz dari dinasti Mamluk (Mesir) menyerbu ke Palestina setelah sebelumnya Mongol menguasainya.

iklan

Kedua pasukan tersebut bertemu di Ain Jalut dan terjadilah Perang Ain Jalut. Dalam pertempuran itu, pasukan Islam berhasil meraih kemenangan dan menawan dan mengeksekusi Kitbuqa Noyen, yaitu penasihat Hulagu Khan yang pernah memberikan saran untuk untuk menyerang Baghdad sebelumnya. Kemenangan ats tentara Mongol tersebut merupakan peristiwa dan prestasi yang luar biasa mengingat kekejaman dan kebengisan pasukan Mongol ketika mengalahkan pasukan Muslim.

  1. Perang Tabuk

Pada bulan Ramadhan tahun 9 Hijriyah terjadi peristiwa Perang Tabuk di mana Rasulullah ikut serta dalam perang tersebut melawan kaum kafir.

  1. Penaklukkan Andalusia

Peristiwa ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun 92 H. Pada saat itu panglima perang Thariq bin Ziyad bersama 7000 tentara, yang mayoritas berasal dari suku Berber, menyeberang ke Spanyol dan mendarat dekat gunung batu besar yang sekarang disebut dengan Jabal (gunung) Thariq. Pasukan muslim tersebut berperang melawan Raja Roderick yang saat itu memimpin Spanyol.

  1. Penyerahan Kota Thaif

Kota Taif pernah mencatat sebuah peristiwa menyedihkan ketika penduduknya mengusir Nabi Muhammad saw yang hendak berdakwah di sana. Setelah beliau dan umat Islam berhasil membebaskan Makkah, kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi Muhammad Saw. Rasulullah Saw dan pasukan Islam lalu menyerbu Taif dan mengepungnya dalam waktu yang cukup lama. Pada akhirnya kaum Bani Thaqif datang ke Makkah di bulan Ramadan tahun ke-9 H dengan menyerahkan kota Taif sebagai tanda menyerah kepada Islam.

  1. Pasukan Muslim Mengalahkan pasukan Perang Salib

Pada Ramadhan tahun 584 Hijriyah Salahuddin al-Ayyubi dapat mengalahkan tentara kaum Salib dan membebaskan wilayah yang pernah dikuasai oleh tentara Salib.

  1. Proklamasi Kemerdekaan RI

Pembacaan naskah Proklamasi oleh Bapak Pendiri bangsa, Soekarno, yang menjadi awal kemerdekaan bangsa Indonesia terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 atau bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriyah.

Tentu peristiwa-peristiwa yang dijelaskan di atas hanyalah beberapa peristiwa yang dianggap fenomenal dalam sejarah bulan Ramadhan. Peristiwa tersebut mengingatkan kita bahwa peperangan melawan kebathilan dalam rangka menebar kebaikan tetaplah harus diperjuangkan selama Ramadaan. Tidak hanya itu kita juga perlu membebaskan diri dari belenggu yang selama ini menjerat kita. Semoga pada Ramadan kali ini kita dapat menjadi manusia yang kembali bersih dan terbebas dari segala kebodohan serta kemaksiatan. [Berbagai sumber].

 

Red: Ahmad & Fatih

Editor: Iman

Ilustrasi foto: pixabay