Peristiwa Besar di Bulan Ramadan, Dari Mekah Sampai Indonesia

208

Ramadhan menyimpan kemuliaan yang tidak terdapat pada bulan lain. Beberapa kemuliaan Ramadan antara lain di lipatgandakannya pahala, terdapat peristiwa Nuzulul Qur’an, yaitu saat turunnya mukjizat Nabi Muhammad Saw yang sekaligus menjadi kitab suci umat Islam.

Tidak hanya itu saja pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan atau lebih dikenal dengan Lailatul Qadar. Catatan sejarah istimewa bagi kaum muslim dan juga umat manusia di seluruh dunia juga ada pada bulan Ramadhan. Sudah tahu, peristiwa besar apa saja? .Berikut ini beberapa peristiwa besar yang perlu diketahui:

alquran muasir
  1. Pembebasan Mekkah (Fathu Makkah)

Peristiwa ini terjadi pada tahun 630 Masehi atau tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 Hijriyah. Pada saat itu Rasulullah beserta 10.000 pasukan muslim bergerak dari Madinah menuju Mekkah dengan tujuan menguasai Mekkah secara keseluruhan. Peristiwa penaklukkan kota Mekkah tersebut terjadi tanpa pertumpahan darah sedikitpun. Selain menaklukkan kota Mekkah, pasukan muslim juga menghancurkan berhala yang terdapat di sekitar Ka’bah

  1. Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘uzza

Setelah umat Islam berhasil membebaskan kota Makkah, Nabi Muhammad saw menyucikannya dengan memusnahkan 360 patung berhala yang berada di sekeliling Ka’bah. Lima hari sebelum berakhirnya Ramadhan tahun ke-9 H, Rasulullah lalu mengirim Khalid bin Walid untuk memusnahkan patung al ‘Uzza di Nakhla. Patung Al ‘Uzza adalah patung dewi terbesar di daerah tersebut. Khalid bin Walid melaksanakan tugas itu dengan bergerak menuju ke Nakhla lalu menghancurkan patung al ‘Uzza.

Setelah persitiwa tersebut, tidak ada lagi penyembahan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

kalender
  1. Perang Badar

Perang pertama yang dilakukan umat muslim melawan orang-orang kafir ini terjadi pada hari Jumat, 2 Ramadan tahun ke-2 H. Salah satu perang terbesar ini dinamakan Perang Badar karena berlangsung di Badar, yang merupakan nama tempat di sebuah lembah yang terletak di antara Madinah dan Makkah.

Pada saat itu jumlah pasukan kaum muslimin hanya sepertiga dari jumlah kaum kafir dan sistem persenjataan mereka kalah jika dibandingkan dengan persenjataan kaum kafir. Namun atas kekuasaan dan kehendak Allah Swt kaum muslimin diberikan kemenangan besar. Peristiwa Perang Badar diabadikan di dalam Alqur’an,

Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.” (QS Al-Imran:123)

  1. Masuknya Islam ke Kota Yaman

Kota Yaman terletak di bagian selatan Semenanjung Arab. Pada saat itu Nabi Muhammad Saw mengutus Ali bin Abi Thalib dengan membawa surat untuk penduduk Yaman khususnya suku Hamdan. Dalam periode satu hari, semua mereka memeluk agama Islam secara aman. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada bulan Ramadan tahun ke-10 Hijriah.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment