MUI Banten Himbau Masyarakat Tidak Terprovokasi Soal Perda Larangan Jualan Siang Hari

mui

Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah Banten, KH. A.M Romly mengingatkan masyarakat Banten khususnya Kota Serang, agar tetap tenang dalam menjalankan ibadah puasa. Dirinya juga meminta masyarakat tidak terpancing dengan adanya provokasi oleh pihak yang tidak rela melihat kedamaian di kalangan umat Islam dan masyarakat Banten dengan memanfaatkan kejadian razia warung makan yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP).

Romly juga menegaskan, bahwa Satpol PP merupakan aparat Pemda yang berwenang melakukan penindakan dalam penindakkan Peraturan Daerah (Perda). Menurutnya hal itu sudah sesuai dengan kewenangannya.

alquran muasir

“Namun dalam pelaksanaannya hendaknya tidak pandang bulu, dan kami mengharapkan tidak ada penyitaan barang dagangan dan dilakukan dengan arif serta bijaksana,” ujarnya dalam rilis yang diterima percikaniman.id, Ahad (12/06/2016).

MUI Banten juga menghimbau kepada semua pihak untuk tidak mengembangkan peristiwa tersebut menjadi isu liar dan tidak terkendali yang dapat menimbulkan konflik yang tidak diinginkan.

“Kami mengajak kepada masyarakat agar dalam menyelesaikan masalah ini dengan segala dampak yang ditimbulkannya kita serahkan kepada Pemerintah,”imbuhnya.

kalender

Ia pun berpesan kepada para pengusaha rumah atau warung makan untuk tetap tenang dan tidak khawatir dalam menjalankan usahanya selama masih menjalankan adat kebiasaan yang sudah berlaku sejak lama di Banten.

“Yakni menghormati bulan suci Ramadhan dan orang-orang yang sedang berpuasa. Untuk itu hendaknya dapat mematuhi Perda setempat,” ajaknya.

Sebelumnya, ramai diberitakan insiden razia warung makan (warteg) milik Saeni (53) pada Rabu 8 Juni 2016 oleh Aparat Satpol PP Kota Serang, Banten.

Razia Satpol PP ini dilakukan seiring dengan imbauan pemerintah setempat agar rumah makan tidak buka di siang hari selama bulan Ramdhan. Namun Saeni tetap membuka warungnya di siang hari sehingga terkena razia. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment