Apakah Kopiah dan Sorban Merupakan Identitas Islam?

kopiah

Selama banyak di antara sahabat yang menanyakan tentang penggunaan kopiah (songkok) dan sorban.  Dua pakaian ini memang selalu identik dengan umat Islam.

Bahkan tak jarang sebagian umat Islam menyatakan keberatan atau protes ketika barang ini juga digunakan oleh masyarakat lain yang non muslim.

alquran muasir

Dalam Wikipedia, dijelaskan bahwa peci atau kopiah merupakan sejenis topi tradisional bagi orang Melayu. Di Indonesia, songkok yang juga dikenal dengan nama peci ini kemudian menjadi bagian dari pakaian nasional, dan dipakai oleh orang Islam.

Songkok juga dipakai oleh tentara dan polisi Malaysia dan Brunei pada upacara-upacara tertentu. Penutup kepala ini merupakan variasi dari Fes atau Tharbusy yang berasal dari Maroko.

Songkok populer bagi masyarakat Melayu di Malaysia, Singapura, Indonesia dan selatan Thailand. Perlengkapan ini dikatakan berasal dari pakaian yang dipakai di Ottoman Turki. Songkok menjadi popular dikalangan India Muslim dan menurut pakar kemudiannya berangsur menjadi songkok di dunia Melayu

kalender

Lalu apakah memang benar kopiah dan sorban merupakan identitas Islam?

Ustadz Aam Amiruddin menjawab pertanyaan ini dalam akun fans page Facebook, dan videonya dapat disaksikan di link YouTube  berikut ini .

 

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment