Bertengkar, Salah Satu Penyebab Hilangnya Pahala Puasa

bertengkar

Ustadz, saya pernah bertengkar hebat dengan tetangga di bulan Ramadhan. Apakah puasa saya batal atau bagaimana?


Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bulan penuh ampunan dan rahmat dari-Nya. Akan tetapi, keberkahan, maghfirah, dan rahmat itu bukanlah pemberian cuma-cuma dari Allah. Perlu ada usaha yang maksimal untuk meraihnya. Usaha tersebut tiada lain adalah menjaga agar shaum terhindar dari hal-hal yang membathalkan dan menjaga kualitas shaum agat tidak hilang pahala dan keutamaannya.

alquran muasir

Mengenai pembatal shaum dari tinjauan fiqih, Anda dapat membacanya dalam artikel sebelumnya. Mengenai penyebab hilangnya pahala shaum, Anda dapat mengetahuinya dari dua keterangan berikut :

“Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah Saw.: ‘Berapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan pahalanya selain lapar, dan berapa banyak orang yang shalat malam tidak mendapatkan selain begadang.’” (H.R. Ibnu Majah)

“Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah Saw.: ‘Pada hari salah seorang dari kalian janganlah berkata kotor atau berbuat bodoh, jika ada seseorang yang berlaku bodoh kepadanya hendaklah ia katakan, Aku sedang shaum.’” (H.R. Ibnu Majah)

kalender

Masuk dalam pengertian berkata kotor dan berbuat bodoh adalah seluruh perbuatan yang bisa mendatangkan banyak dosa, seperti menggunjing, menghina dan bertengkar sebagaimana yang ditanyakan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha keras untuk menghindari hal-hal yang berbau dosa saat Ramadhan. Kalaupun terlanjur terjadi, segeralah bertobat dan mohon ampun kepada Allah. Wallahu a’lam.

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment