Mitos-mitos Seputar Pembatal Puasa

shaum, puasa

Ada sejumlah perilaku yang oleh sebagian masyarakat dinilai bisa membatalkan shaum, padahal kalau kita merujuk pada keterangan-keterangan yang sahih dari Nabi Saw. ternyata hal tersebut tidak membatalkan, di antaranya:

1. Menggosok gigi.  
Islam memerintahkan kita menjaga kebersihan, salah satunya menjaga kebersihan gigi. Karena itu, menggosok gigi tetap dianjurkan walaupun sedang shaum. Rasulullah Saw. selalu menggosok giginya walaupun sedang shaum. Amir Rabi’ah r.a mengatakan, “Aku melihat Rasulullah saw. menggosok gigi padahal beliau sedang shaum.” (H.R. Ahmad dan Bukhari)

2. Muntah dan mimpi basah.  

“Tidak batal orang yang muntah, yang mimpi berhubungan seks, dan berbekam (diambil darah).” (H.R. Abu Daud)

alquran muasir

3. Mencium istri.  
Istri Rasulullah Saw., Ummu Salamah ra., mengatakan, “Nabi Saw. menciumku padahal beliau sedang shaum.” (H.R. Timidzi).

4. Diambil darah.  
Diambil darah saat shaum, untuk keperluan laboratorium atau sebagai donor misalnya, tidak membatalkan shaum. Rasulullah pernah berbekam (diambil darahnya) saat shaum. Ibnu Abbas r.a. mengatakan, “Nabi Saw. berbekam (diambil darah) ketika beliau shaum.” (H.R. Bukhari)

5. Mandi pada siang hari.  
Kalau cuaca sangat panas, kemudian kita ingin meredakannya dengan menuangkan air ke seluruh badan (mandi/renang), tidaklah membatalkan shaum, sebagaimana dijelaskan sahabat Rasulullah saw., “Aku melihat rasulullah saw. menuangkan air di kepalanya ketika shaum karena cuaca panas.” (H.R. Ahmad)

kalender

6. Berkumur-kumur.  
Umar r.a. berkata, suatu hari aku merasa gembira kemudian aku mencium istriku padahal aku sedang shaum, lalu aku mendatangi Nabi saw. kataku, ”Hari ini saya melakukan kesalahan besar, saya mencium istri padahal sedang shaum.” Rasulullah bersabda, “Apa pendapatmu jika engkau berkumur-kumur dengan air, padahal engkau sedang shaum?” Aku menjawab, “Tidak apa-apa.” Nabi bersabda, “Lalu mengapa?” (H.R. Ahmad dan Abu Daud)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment