Benarkah Orang yang Meninggal pada Ramadhan Masuk Surga?

makam

Pak Ustadz yang saya hormati, apakah benar bahwa orang yang meninggal pada Ramadhan (saat mengerjakan shaum) pasti akan masuk surga?

 

Kepastian seseorang masuk surga hanya Allah yang tahu. Namun, secara lahiriah, Rasulullah memberikan indikator dari cara kematian seseorang sehingga dikatakan berpeluang masuk surga karena dia dikategorikan mati syahid. Tidak ada balasan yang layak bagi mereka yang mati syahid selain surga. Berikut ini hadits yang bisa kita cermati.

alquran muasir

Rasulullah Saw. bertanya, “Siapa yang kamu anggap mati syahid?” Sahabat menjawab, “Orang yang terbunuh dalam jihad fii sabilillah, itulah yang mati syahid.” Nabi Saw. bersabda, “Kalau begitu, sungguh sedikit orang yang mati syahid dari umatku.” Sahabat bertanya, “Maka, siapakah ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “Siapa yang terbunuh dalam jihad fii sabilillah, dia mati syahid. Siapa yang mati di jalan Allah (sedang beribadah) dia mati syahid, dan siapa yang mati terkena wabah ta’un maka dia mati syahid, siapa yang mati karena kolera dia mati syahid, dan yang mati karena tenggelam dia mati syahid juga.” (H.R. Muslim)

Cukuplah bagi kita berdoa dan berikhtiar sekuat tenaga agar hidup kita, shalat kita, ibadah kita, dan mati kita senantiasa berada dalam ridho-Nya. Wallahu a’lam

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment