Tips Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

192

Tubuh manusia tersusun atas zat cair. Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga agar tubuh mendapat asupan air yang cukup. Sebisa mungkin, kita menghindari dehidrasi walaupun sedang menjalani ibadah puasa.

Beberapa efek dari dehidrasi yang bisa muncul adalah:

alquran muasir
  1. Lemas, lesu dan tidak berstamina
  2. Sakit kepala
  3. Turunnya kemampuan konsentrasi sehingga sulit berpikir
  4. Nyeri sendi
  5. Pingsan
  6. Pada wanita, dehidrasi dapat menyebabkan emosi, bad mood dan mudah marah
  7. Dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih

Kiat mencegah dehidrasi selama puasa

Puasa di bulan Ramadhan akan membuat kita tidak bisa mengonsumsi cairan apapun dalam waktu kurang lebih 12,5 jam. Karena itu, Anda harus memiliki trik agar tetap bisa beribadah sekaligus terhindar dari dehidrasi. Seperti di paparkan healtyworld.com berikut tips agar terhindar dari dehidrasi saat menjalankan puasa:

  • Tetap minum 8 gelas setiap hari

Rata-rata, seseorang membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap hari. Asupan cairan ini bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, atau makanan berkuah. Usahakan agar saat sahur, kita dapat mencicil beberapa gelas, bisa 3 – 4 gelas (tetapi tidak langsung sekali minum). Demikian juga saat berbuka puasa. Jumlah 8 gelas bisa bertambah jika aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari menguras keringat dan tenaga.

kalender
  • Hindari kafein dan minuman bersoda

Sebisa mungkin, minimalkan atau hindari mengonsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein. Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Jika kita ingin menikmati minuman hangat, pilih teh hijau atau teh chamomile. Hindari juga minuman bersoda yang dapat membuat perut terasa penuh.

  • Beri rasa pada air mineral

Banyak orang yang tidak suka mengonsumsi air mineral karena rasanya hambar. Hal ini dapat diatasi dengan memberi rasa pada air mineral, tentunya rasa dari bahan alami. Kita bisa memasukkan sepotong irisan lemon atau sedikit perasan jeruk nipis ke dalam air mineral, rasanya akan lebih segar. Tetapi hindari memberi tambahan berupa gula atau pemanis lainnya.

  • Minum susu

Anak-anak bisa mulai belajar puasa. Untuk mencegah dehidrasi pada anak, orangtua bisa memberikan susu. Sebuah penelitian yang dilakukan di Mc Master University menyebutkan bahwa susu lebih baik untuk menghindari dehidrasi pada anak daripada jenis minuman suplemen atau air biasa karena susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit.

  • Makan buah yang banyak mengandung air

Ingin menghindari dehidrasi dengan cara yang lezat dan tidak membuat bosan? Nikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis dan lain sebagainya. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina kita selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment