Kejutan Terbesar Muhammad Ali adalah Memeluk Islam

muhammad ali

Almarhum Muhammad Ali telah meninggalkan kita. Petinju legendaris itu telah membuat banyak kejutan sepanjang kariernya yang hebat. Namun kejutan terbesar yang pernah dibuat Ali itu sesungguhnya adalah ketika ia memilih untuk memeluk agama Islam pada 1964, hanya dua hari setelah ia merebut gelar juara dunia untuk pertama kalinya.

Menggunakan nama Cassius Marcellus Clay Jr., yang melambangkan perlawanan terhadap perbudakan di Amerika Syarikat, Ali memutuskan masuk Islam setelah menjalin kerjasama dengan Nation of Islam sebuah organisasi yang membantu memperbaiki gaya hidup masyarakat kulit hitam di Negeri Paman Sam itu kala itu.

alquran muasir

Awalnya, keputusan mengejutkan Ali untuk pindah agama dan menjadi mualaf sulit diterima dunia barat. Malah, media massa barat tetap menggunakan nama Cassius dan enggan menyebut nama Muhammad Ali dalam setiap pemberitaannya.

Ali pernah menyatakan diri akan mendedikasikan dirinya untuk beribadah kepada Allah dan melakukan kebaikan saat ia pensiun dari ring tinju.

Pernyatan itu terungkap dalam sebuah wawancara televisin di Newcastle, Inggris pada 1977 atau empat tahun sebelum mundur dari tinju. Ketika itu Ali ditanya oleh seseorang tentang rencananya selepas pensiun dari dunia tinju.
“Saya siap untuk bertemu Allah,” jawab Ali itu dengan penuh ketenangan dan keyakinan.

kalender

Sambil menyinggung pentingnya keyakinan terhadap Allah Swt, Ali dengan tegas menolak kemungkinannya untuk berbisnis, berdagang atau menjadi pelatih tinju. Karena baginya, kemewahan di dunia tidak akan membawanya ke surga kelak.

Dia menyatakan akan berupaya sekuat tenaga membantu orang lain kerana Allah sentiasa memperhatikan setiap tindak-tanduknya.

“Allah tidak menanyakan bagaimana saya mengalahkan Joe Frazier. Begitu juga Inggris atau Amerika Syarikat (AS) seperti yang kita takutkan. Sebaliknya, Allah hanya akan menilai bagaimana kita membantu satu sama lain. Saya ingin membaktikan seluruh hidup saya untuk membantu kebajikan, membantu orang lain, menyatukan masyarakat dan menjadikan dunia ini lebih aman. Jika saya mati, dan masuk ke surga, saya mau melihat hasilnya,” katanya.

Ternyata Ali memenuhi janjinya itu. Ia memanfaatkan nama besarnya untuk berjuang bersama anak perempuannya, Hana Ali, yang mempromosikan keamanan, toleransi dan nilai kemanusiaan di seluruh dunia.

Biodata Muhammad Ali :

• Nama : Muhammad Ali (sebelum masuk Islam pada 1964, dikenali sebagai Cassius Marcellus Clay Jr.)
• Gelar : The Greatest (Yang Terhebat)
• Tanggal Lahir : 17 Januari 1942
• Tempat Lahir : Louisville, Kentucky, Amerika Serikat
• Isteri : Yolanda Williams
• Anak: Laila Ali, Rasheda Ali, Hana Ali, Asaad Amin (anak angkat), Maryum Ali, Jamillah Ali, Khaliah Ali, Muhammad Ali Jr., Miya Ali
• Profesi : Peninju (pensiun pada 1981)
• Rekor Bertanding : 56 kemenangan, 37 menang KO, 5 kali kalah

• Pretasi Terbaik : Juara Dunia Kelas Berat Tiga kali.
• Anugerah Terbaik : Atlet Pria Terbaik Abad ke-20

* Dari Berbagai Sumber 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment