Ponpes Hidayatullah Bandung Gelar Wisuda Tahfidz dan Penugasan Dai

186

Pondok Pesantren Hidayatullah (PPH) Bandung menggelar acara pelepasan santri sekaligus wisuda tahfidz Al-Qur’an di Aula Masjid Al Imtiyaz, Ahad (5/6/2016).  Sebanyak 32 santri yang merupakan santri kelas 9 Madrasah Tsanawiyah dan kelas 12 Madrasah Aliyah. Pelepasan dimaksudkan mereka telah lulus dari jenjang setingkat SMP dan SMA yang akan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Sementara wisuda tahfidz dimaksudkan para santri telah hafal Al-Qur’an mulai dari 3 juz hingga 30 juz.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan prosesi penugasan dakwah sebagai dai kepada 8 santri. Mereka akan menjadi dai di beberapa daerah di Jawa Barat seperti Karawang, Bandung Barat, Cirebon dan Bandung. Ketua DPW Hidayatullah Jawa Barat ustadz Dadang Abu Hamzah dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberhasilan ini merupakan sebuah karunia dari Allah dan kerja keras para pengasuh serta dukungan dari semua pihak.

alquran muasir

Menurutnya keberhasilan pendidikan bukannya hanya dilihat dari kelulusan santri atau murid yang mempunyai nilai dan kecerdasan yang tinggi namun juga bagaimana kiprah mereka kelak di masyarakat dalam mempraktekan serta mengaplikasikan ilmunya.

“Keberhasilan juga akan dinilai sejauh mana kalian mampu mengaplikasikan apa yang telah didapat dibangku pendidikan ditengah-tengah masyarakat. Itu salah satu yang perlu kalian buktikan,”ungkapnya.

Untuk itu ia berharap khususnya kepada para santri yang akan menjadi dai ditengah masyarakat dapat menjaga sikap dan nama baik almamater lembaga Hidayatullah serta berakhlakul karimah. Selain itu ia juga berpesan bahwa di masyarakat para dai harus siap belajar dan mengambil pelajaran dari kenyataan yang ada. Sebab, sambungnya, madrasah sesungguhnya ada di masyarakat atau universitas kehidupan.

kalender

Sementara itu Rektor Bina Sarana Informatika (BSI),Prof.Dr.Purwadi yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan kesan dan pesannya bahwa secara pribadi merasa bangga dan salut dengan kiprah lembaga Hidayatullah. Menurutnya selama ini lembaga Hidayatullah telah memiliki  sekaligus menunjukkan visi dan misinya dengan jelas, terarah dan terukur.

“Kita semua harus bersyukur khususnya para orangtua, guru, pengurus, pengawas, pembina, dan masyarakat harus bersyukur ada lembaga sosial kemasyarakat seperti Hidayatullah ini.  Semoga tetap istiqamah memberi manfaat untuk masyarakat,”kesan Purwadi yang juga tokoh pendidikan ini.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment