Awal Ramadhan dan Idul Fitri Tahun Ini Kemungkinan Tak Ada Perbedaan

gerhana3

Salah satu hal krusial yang kerap diamlami kaum muslimin di Indonesia adalah dalam penentuan awal dan akhir Ramadhan (idul fitri). Biasanya awal maupun akhir Ramadhan antara ormas Islam yang satu dengan yang lain atau dengan pemerintah ada perbedaan. Namun awal Ramadan 1437 H/2016 pada tahun ini kemungkinan besar akan sama yakni jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016, sedangkan Idulfitri 1 Syawal 1437 H akan jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016. Hal ini merujuk kepada keputusan Pengurus Pusat Muhammadiyah, Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis), maupun perhitungan dari NU seperti tercantum dalam almanak NU.

Menurut Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Bandung, KH Maftuh Khalil, NU memperkirakan awal Ramadan akan jatuh pada Senin 6 Juni 2016 didasarkan pada pengamatan hilal.

alquran muasir

“Insya Allah awal Ramadan jatuh pada Senin 6 Juni 2016 karena ketinggian hilal pertanda awal bulan baru Hijriah pada Minggu 5 Juni 2016 mencapai sekitar 3-4 derajat,” katanya,seperti dilaporkan pikiran-rakyat online.

Ketinggian hilal seperti itu, kata Maftuh, akan menyebabkan terjadi ijtimak (konjungsi) atau pertemuan rembulan dan matahari pada pukul 8.45-9.15 WIB sehingga awal kalender terjadi keesokan harinya.

“Walaupun ketinggian hilal sudah inkam rukyat atau dapat dilihat dan memenuhi syarat atau kriteria rukyatul hilal, tapi jajaran NU maupun Badan Hisab Rukyat (BHR) akan tetap melaksanakan perintah rukyatul hilal, karena rukyatul hilal itu perintah syariat,” ujar Kiai Maftuh yang juga ketua BHR Kota Bandung.

kalender

Sementara itu, berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadan 1437 H jatuh pada Senin 6 Juni 2016, sedangkan Idulfitri1 Syawal jatuh pada Rabu 6 Juli 2016 dan untuk Iduladha 1 Zulhijah 1437 H jatuh pada Sabtu 3 September 2016.

“Kemungkinan besar awal puasa dan Idulfitri 1 Syawal di Indonesia akan bersamaan. Insya Allah dengan melihat hasil hisab ini kemungkinan tidak akan ada perbedaan awal puasa dan Syawal di Indonesia antara ormas NU, Muhammadiyah, Persis, dan ormas-ormas Islam lainnya,” tutur pengurus wilayah Muhammadiyah Jabar, Jamjam Erawan.

Dia mengimbau seluruh warga Muhammadiyah untuk mengikuti keputusan yang sudah dibuat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tersebut.

“Kepada warga Muhammadiyah maupun umat Islam pada umumnya, kami berharap bisa menjadikan Ramadan untuk meningkatkan ibadah dan upaya memperbaiki bangsa yang dimulai dari diri sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Persis, KH Aceng Zakaria, telah menerbitkan Surat Edaran nomor 0186/JJ-C.3/PP/2016 mengenai penetapan awal Ramadan dan Idulfitri 1437 H.

“1 Ramadan 1437 H bertepatan dengan Senin 6 Juni 2016, sedangkan untuk Idulfitri 1 Syawal akan jatuh pada Rabu 6 Juli 2017,” kata Ustaz Aceng.

Berdasarkan perhitungan Dewan Hisab dan Rukyat PP Persis yang menggunakan mazhab hisab hakiki imkanur rukyat, maka ijtimak akhir Syaban jatuh pada Minggu 5 Juni 2016 pukul 10.01 sehingga saat Magrib di wilayah Indonesia sudah memasuki bulan baru.

“Dengan demikian, kaum Muslimin sudah bisa melaksanakan salat tarawih pada Minggu 5 Juni 2016 dan esok harinya mulai melakukan saum Ramadan,” ujarnya.

Ustaz Aceng mengimbau kepada kaum Muslimin untuk memanfaatkan Ramadan sebaik mungkin dengan menjalankan berbagai ibadah yang dicontohkan Rasulullah.

“Ramadan jangan hanya sebatas dimaknai rutinitas dengan mutu ibadah yang tanpa ada perubahan setiap tahunnya. Harus ada peningkatan setiap tahunnya sehingga termasuk dalam golongan manusia yang beruntung,” katanya.

Namun sebagaimana diketahui pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan melakukan sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan pada Ahad lusa (5/6/2016). Sidang ini juga akan dihadiri perwakilan Ormas Islam, ilmuwan serta ahli astronomi.  [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

 

 

 

http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/06/02/60-pasangan-selingkuh-di-kabupaten-bandung-diamankan-370678

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment