8 Sifat Muslimah Dambaan Surga

baca quran

Oleh: Sasa Esa Agustiana*

Sobat muslimah, berlaku sabar dan menahan godaan di era sekarang ini sangatlah berat. Ini merupakan ujian yang Allah berikan untuk umat akhir zaman sebagaimana yang sudah disabdakan oleh Rasulullah Saw melalui berbagai hadits tentang akhir zaman yang beliau ramalkan.

alquran muasir

Ujian atau fitnah ini dirasakan oleh semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Namun kali ini kita akan bahas bagaimana seorang muslimah bisa menjaga dirinya untuk tetap menjadi sosok yang baik dan shalehah.

  1. Menutup Aurat

Wanita terbaik itu menutup auratnya. Aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, menurut pendapat terkuat di antara pendapat para ulama. Allah Swt berfirman,

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mendekatkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka“. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al Ahzab: 59).

kalender

Jilbab bukanlah penutup wajah, namun jilbab adalah kain yang dipakai oleh wanita setelah memakai khimar (kain penutup kepala). Allah Swt juga berfirman,

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nuur: 31).

  1. Mengenakan busana yang syar’i

Wanita shalehah yang menjadi idaman sepatutnya memenuhi beberapa kriteria berbusana sebagai berikut sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadis. Syarat berbusana bagi wanita shalehah bisa dipahami sebagai berikut: menutupi seluruh tubuh (termasuk kaki) kecuali wajah dan telapak tangan, bukan memakai pakaian untuk berhias diri, longgar, tidak ketat dan tidak tipis sehingga tidak menggambarkan bentuk lekuk, tidak diberi wewangian atau parfum dan tidak menyerupai pakaian pria atau pakaian wanita non muslim.

Beberapa dalil tentang hal ini dapat kita simak seperti: Allah Swt berfirman,

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33).

Abu ‘Ubaidah mengatakan, “Tabarruj adalah menampakkan kecantikan dirinya.” Az Zujaj mengatakan, “Tabarruj adalah menampakkan perhiasaan dan setiap hal yang dapat mendorong syahwat (godaan) bagi kaum pria.”

Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad)

  1. Betah tinggal di rumah

Di antara yang diteladankan oleh para wanita shalihah adalah terdahulu ia betah berada di rumah dan bersungguh-sungguh menghindari laki-laki serta tidak keluar rumah kecuali ada kebutuhan yang mendesak. Hal ini dengan tujuan untuk menyelamatkan masyarakat dari godaan wanita yang merupakan godaan terbesar bagi laki-laki. Allah Ta’ala berfirman,

Dan tinggallah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu” (QS Al Ahzab: 33).

Ibnu Katsir ketika menjelaskan ayat di atas mengatakan, “Hendaklah kalian tinggal di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian keluar rumah kecuali karena ada kebutuhan”.

Dari Abdullah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka setan menyambutnya. Keadaan perempuan yang paling dekat dengan wajah Allah adalah ketika dia berada di dalam rumahnya”. (HR Ibnu Khuzaimah )

Namun demikian bukan berarti wanita tidak boleh beraktivitas di luar rumah selama dalam kebajikan dan mengerjakan amal shalih seperti berdakwah, mengajar, membantu saudara yang membutuhkan (profesi bidan, dokter dll). Tentu perlu diperhatikan jika terpaksa harus keluar rumah ada ijin suami atau orangtua.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment