Hadir Memberikan Kemudahan, IZI Targetkan Rp.60 Milyar Dalam Pengelolaan Zakat

IZI Jabar 1

Sebagaimana diketahui dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia potensi zakat Indonesia sungguh luar biasa. Seperti yang pernah dilaporkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) beberapa waktu lalu berdasarkan survey dan riset setidaknya hingga 2015  potensi zakat di Indonesia mencapai Rp.217 triliun pertahunnya. Meski begitu potensi tersebut belum mampu dicapai hingga saat ini. Melihat potensi demikian Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) pun turut tergugah untuk mewujudkannya.

Demikian disampaikan Rully Barlian Thamrin selaku Direktur Kemitraan dan Edukasi Zakat IZI Pusat saat launching LAZNAS IZI Perwakilan Jawa Barat di Bandung,Selasa (31/5/2016). Ia menambahkan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan 1437 H  (2016 ) IZI sendiri telah mencanangkan pengelolaan zakat sebesar Rp.60 milyar secara nasional dengan target penerima manfaat sebanyak 6.666 yang berasal dari kalangan dhuafa.

alquran muasir

“Meski IZI terbilang laznas baru namun dengan berbekal pengalaman, jaringan kerja serta dukungan semua pihak insya Allah kami optimis target tersebut dapat tercapai,”imbuhnya.

Ia menjelaskan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) berdiri dan beroperasi melalui izin sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 423 Tahun 2015 pada tanggal 30 Desember 2015 telah beroperasi secara resmi dalam mengelola dana zakat masyarakat Indonesia sejak 1 Januari 2016 yang lalu. Lahirnya IZI yang dibidani PKPU, menjadi langkah yang sangat tepat dalam rangka optimalisasi dan peningkatan layanan pengelolaan zakat sesuai amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Sementara keberadaan IZI Perwakilan Provinsi Jawa Barat menurut Rully merupakan bagian dari jaringan kantor perwakilan LAZNAS IZI yang sudah dibuka secara nasional di 14 provinsi di seluruh Indonesia. Dengan mengantongi rekomendasi Kemenag Provinsi No. 145 Tahun 2016 merupakan satu/satunya kantor perwakilan LAZNAS yang sudah mendapat izin operasional dari Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat.

kalender

Dengan mensosialisasikan tagline “Memudahkan, Dimudahkan”, Rully menjelaskan IZI siap menghadirkan ragam kemudahan dalam memberikan layanan bagi para donatur untuk menunaikan zakatnya. Ia menjelaskan ragam kemudahan bagi muzaki dalam berzakat meliputi transfer zakat via ATM Bersama & Internet Banking, pembayaran via ATM, setoran tunia via Gerai Zakat Perkantoran & Mall, dan di Kantor Perwakilan itu sendiri. Selain itu, sambungnya, di era e-comers seperti sekarang ini IZI juga membuka proses pembayaran via Payment Online yang bisa di akses secara on-line di PC maupun Smart phone.

“Bahkan untuk semakin memberi kemudahan layanan IZI meluncurkan Aplikasi Mobile berbasis Android  bernama Inisiatif Zakat yang sudah dapat diunduh di playstore,” paparnya.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment