Inilah 7 Doa Kesuksesan yang Diajarkan dalam Al-Qur’an dan Hadis

alquran, terjemah, almuasir

Manusia dijadikan bersifat lemah , butuh perlindungan dan pertolongan. Kemampuan manusia dibatasi oleh penglihatan, pendengaran, akal dan fisiknya. Banyak peristiwa terjadi di luar jangkauan kemampuan manusia untuk mengatasinya. Dalam keadaan seperti itu manusia akan mencari kekuatan diluar dirinya untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

Kebanyakan manusia tidak menyadari kelemahan dirinya, mereka merasa kuat, mampu  serta perkasa untuk menyelesaikan dan mengerjakan berbagai  hal dalam kehidupan sehari hari. Keberhasilan dan kesuksesan menyebabkan mereka jadi sombong dan pongah . Mereka merasa bisa mendapatkan uang dan kekuasaan dengan kemampuan diri mereka sendiri. Mereka merasa segala sesuatu bisa mereka dapatkan dengan uang, kekuasaan dan kemampuan dirinya. Mereka tidak perlu bantuan siapapun , bahkan mereka tidak perlu dengan Sang Khaliq.

Untuk meraih kesuksesan hidup sunnatullahnya manusia itu harus bekerja atau berusaha tidak hanya dengan berpangku tangan menunggu keajaiban datang. Namun bagi orang yang tidak beriman maka usaha dan kerja keras adalah kunci sukse. Ketika itu semua tidak tercapai maka akan kecewa bahkan disertai dengan sikap putus asa. Mereka tidak menyadari bahwa ada Allah Swt yang Maha Menentukan Segalanya. Ikhtiar jika tidak hati-hati, maka seseorang akan memiliki pola pikir mengandalkan dirinya sendiri. Keberhasilan akan membuatnya berbangga diri dan tinggi hati, dan kegagalan akan membuatnya mudah frustasi.

Oleh sebab itu sebagai orang yang beriman maka kita harus selalu menyertai ikhtiar dengan doa, sejak sebelum, sedang dan setelah ikhtiar. Mengapa? Supaya yang kita andalkan hanyalah Allah Swt. Karena tidak ada sesuatu apapun yang keluar dari kekuasaan Allah Swt. Siapapun yang serius menggunakan kekuatan doa tersebut , merekalah  orang yang beruntung sebab kekuatan doa itu amat dahsyat sekali.

 

Al Qur’an telah mengajarkan orang yang beriman untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah saja. Tidak ada yang bisa mengabulkan doa dan menyelamatkan manusia  dari berbgai kesulitan selain Allah.  Karena itu Allah memerintahkan dalam surat:

kalender percikan iman 2018

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS.Al- Mukmin :60 )

Dalam hadisnya Rasulullah Saw  bersabda  ,”Doa itu adalah senjatanya orang mukmin “.  Begitupun dalam hadis yang lain beliau juga mengingatkan ummatnya dengan sabdanya  :  “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah Ta’ala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR. Tirmidzi).

Untuk itu jika ingin sukses baik di dunia maupun di akhirat maka jangan meninggalkan doa dalam setiap waktu dan kesempatan. Berikut beberapa doa untuk kesuksesan seperti telah diajarkan dalam Al-Qur’an maupun Hadis Rasulullah Saw:

  1. Doa memohon limpahan rezeki

Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang orang yang bersama kami dan yang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau, beri rezekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (QS. Al-Maidah: 114)

  1. Doa agar diberi kedudukan yang mulia

Ya Allah, tempatkan aku di tempat yang berkah, dan Engkau adalah sebaik‐baik pemberi  tempat.” (QS. Al‐Mu’minûn: 29)

Do’a diatas baik dibaca bagi setiap orang yang menginginkan kedudukan (pangkat, jabatan, atau kedudukan). Karena do’a tersebut adalah do’anya Nabi Nuh as. ketika berada di atas perahu. Ia memohon kepada Allah Swt. agar diberi kedudukan yang lebih mulia daripada kedudukan sebelumnya. Kemudian Allah Swt. mengabulkan do’anya, dan menjadikannya umat yang taat kepada Allah.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 10,055 times, 1 visits today)

REKOMENDASI