Sambut Ramadhan, Kebijakkan Pemkab Banyumas Ini Patut Ditiru

masjid

Selama bulan Ramadan tempat hiburan malam di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup total. Tempat hiburan malam yang ditutup total selama satu bulan penuh itu adalah diskotek, tempat karaoke, panti pijat, serta lokalisasi Gang Sadar (GS) dan tempat yang menjual minuman beralkohol.

“Harus tutup total selama sebulan penuh,” kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, seperti di laporkan pikiran rakyat online, Selasa (24/5/2016).

Menurut dia, tempat hiburan yang ditutup total tersebut adalah tempat hiburan yang berpotensi menumbuhkan kemaksiatan. Bupati sudah menginstruksikan terkait penutupan itu kepada jajarannya. Ia mengakui, Ramadan tahun ini, Pemkab akan memberlakukan aturan yang lebih ketat.

“Tempat karaoke, diskotek, dan panti pijat misalnya, tidak lagi diberlakukan jam buka dan jam tutup, tetapi harus ditutup total,” katanya menerangkan.

Sedangkan tempat hiburan seperti game online, kafe, serta tempat makan seperti restoran, warung, dan sejenisnya, akan diberlakukan jam operasional. Pemberlakuan jam operasional ini untuk menghormati umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

Mengenai detail jenis tempat hiburan yang harus tutup total dan pemberlakuan jam operasional untuk tempat hiburan tertentu, kata Bupati pemkab masih melakukan pembahasan lebih lanjut terkait detailnya.

“Sekarang masih dibahas di tingkat teknis, karena kita harus berhati-hati, jangan sampai merugikan pihak tertentu secara berlebihan, nanti malah timbul protes,” terangnya seraya mengatakan akan segera mengeluarkan surat edaran bupati terkait hal itu. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

(Visited 68 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment