Agar Khusyu, Bolehkah Shalat Sambil Memejamkan Mata?

salat, khusyu

Pak Ustadz, bagaimana hukumnya shalat sambil memejamkan mata? Sebab ada sebagian orang yang memejamkan mata untuk menjaga kekhusyuan?


Ada beberapa hadis yang menjelaskan bahwa shalat sambil memejamkan mata itu hukumnya makruh, tetapi hadits tersebut ternyata dlaif (lemah).

alquran muasir

Berkaitan dengan masalah ini, Rasulullah pernah shalat, kemudian di depan beliau ada gorden yang bergambar. Beliau memerintahkan Aisyah untuk mencabut gorden tersebut karena mengganggu kekhusyuan shalat.

Salah satu cara untuk menjadikan shalat kita khusyu adalah dengan cara menjauhkan atau menghindari hal-hal yang dapat merusak kekhusyuan shalat, termasuk menjauhkan gorden yang bergambar atau menghindari pandangan dari gambar-gambar atau hiasan-hiasan yang ada di depan mata kita dengan cara memejamkan mata.

Jika shalat dengan membuka mata akan merusak kekhusyuan shalat, diperbolehkan untuk memejamkan mata saat shalat. Jika ada orang yang shalatnya tidak bisa khusyu’ kecuali dengan memejamkan mata, kita tidak bisa mengklaim bahwa hal itu bid’ah (tidak ada  Ustadz Ibnul Qayyim di dalam Fiqhus Sunnah berpendapat, “Adapun yang benar dalam soal ini adalah bila dengan membuka mata itu menjadi halangan bagi kekhusyu’an, karena di arah kiblatnya ada hiasan-hiasan, gangguan-gangguan, atau hal-hal lainnya yang mengGanggu hatinya, tidak makruh bila ia memejamkan matanya.”

kalender

Yang dapat saya anjurkan, jauhkanlah benda-benda yang dapat mengganggu kekhusyu’an shalat jika memungkinkan (seperti gambar yang ada di gorden atau pigura).

Tetapi jika gambar-gambar atau hiasan-hiasan yang tidak mungkin disingkirkan (seperti gambar-gambar atau hiasan-hiasan yang terdapat di dinding tembok), shalat dengan memejamkan mata adalah alternatif yang dapat dilakukan untuk menjaga kekhusyu’an shalat.  Demikian pendapat Ustadz Ibnu Qoyyim. Wallahu A’lam.

*  Sampaikan pertanyaan Anda melalui alamat email aam@percikaniman.org atau melalui Aplikasi Dakwah Ustadz Aam Amiruddin di Google Playstore  untuk pengguna Android atau di iOS App Store untuk pengguna Apple.

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment