Terapkan 10 Cara Ini Agar Terhindar Godaan Perselingkuhan

perselingkuhan

Ustadz, saat ini sangat banyak sekali pasangan yang berpisah karena perselingkuhan. Jujur saja, saya merasa takut kalau hal tersebut bisa juga terjadi pada keluarga yang telah saya bangun dan jaga dengan susah payah. Ustadz, adakah tips praktis yang bisa saya terapkan agar keluarga saya utuh dan terhindar dari perselingkuhan?

Islam memandang selingkuh sebagai perbuatan zina. Allah Swt. sangat membenci zina. Jangankan melakukannya, mendekatinya saja tidak boleh. (Q.S. Al-Israa [17]: 32) Islam pun tidak mentoleransi perbuatan zina sedikit pun. Hal ini terlihat dari beratnya sanksi yang diberikan kepada pelakunya (Q.S. An-Nuur [24]: 2). Oleh karena itu, selingkuh adalah perbuatan yang benar-benar harus dihindari. Beberapa cara untuk menghindari perselingkuhan adalah sebagai berikut;

1. Mendekatkan diri kepada Allah Swt
Suatu perbuatan akan terjadi jika ada peluang dan kemampuan. Keduanya hanya bisa dihalangi oleh kuatnya komitmen agama. Komitmen inilah yang membuat Nabi Yusuf mampu menghindari perselingkuhan dengan Zulaikha. Nabi Yusuf benar-benar mendapatkan kesempatan langka, namun dia tidak tergoda (Q.S. Yusuf [12]: 23). Komitmen spiritual akan membuat seseorang tunduk pada kebenaran dan mampu berakhlak mulia. Pandangan, ucapan, serta pergaulannya akan senantiasa terjaga.

2. Membangun keharmonisan keluarga
Pernikahan akan senantiasa dinamis andai suami istri memiliki komitmen untuk memenuhi hak dan kewajibannya sebaik mungkin. Suami berkomitmen untuk menjadi kepala rumah tangga terbaik. Begitu juga istri, berkomitmen menjadi ratu dalam rumah tangga. Ketika fungsi-fungsi ini tidak berjalan, akan lahir ketimpangan dan penyelewengan.

3. Membangun komunikasi yang sehati
Suami-istri perlu membiasakan suasana komunikasi yang enak dan berdasar musyawarah. Suasana dialogis perlu dikembangkan untuk menjaga keharmonisan, melahirkan keterbukaan, mampu mendeteksi perubahan sikap, serta mengetahui keadaan pasangan.

donasi perpustakaan masjid

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 3,532 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment