ICMI Rekomendasikan Hukuman Mati Bagi Pelaku Kejahatan Seksual

kekerasan_anak

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengadakan konferensi pers untuk membahas sejumlah isu terkini di antaranya terkait maraknya kasus kekerasan seksual dan pemerkosaan. Dalam konferensi tersebut, ICMI merekomendasikan hukuman mati bagi pelaku kejahatan seksual.

Rencana pemberlakuan hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak dinilai tak akan efektif untuk mencegah aksi kekerasan seksual. Menurut Wakil Ketua Umum ICMI, Sri Astuti Bukhari, daripada dikebiri lebih baik pelaku diberi hukuman mati, khususnya pada anak di bawah umur.

alquran muasir

“ICMI akan membuat pernyataan sikap terhadap yang kali ini karena telah membuat perasaan ibu ketakutan. Maka ICMI tidak akan tinggal diam. Maka kami sampaikan untuk berlakukan hukuman mati,” kata Sri di, Jakarta Pusat,seperti dilaporkan okezone, Kamis malam (19/5/2016).

Adapun, ICMI merekomendasikan kepada pemerintah untuk menghindari hukuman kebiri karena berdasarkan rekomendasi Menteri Kesehatan dan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PP-PDSJKI), hukuman tersebut mempunyai efek dan berdampak panjang secara medis, psikoligis, kejiwaan, dan sosial.

Sebelumnya, dalam hasil keputusan Rakor, Kementerian dan Lembaga telah bersepakat untuk mengajukan pemberatan hukuman pidana maksimal kepada pelaku pemerkosaan dan pencabulan. Kepada pelaku juga akan dikenakan sanksi berupa publikasi identitas ke publik bahwa yang bersangkutan telah melakukan kejahatan di luar nilai kemanusiaan.

kalender

Sebagaimana banyak diberitakan dalam beberapa bulan terakhir ini kejahatan seksual yang diikuti dengan tindakan pembunuhan khususnya korbannya anak dibawah umur semakin meningkat. Ironisnya sebagian pelaku juga masih tergolong dibawah umur. Untuk itu baik orangtua,masyarakat maupun Negara harus melakukan upaya pencegahan dan hukuman semaksimal mungkin sehingga kasus serupa tidak terulang dikemudian hari. [ ]

 

Red: admin

Editor: iman

Ilustrasi foto: pixabay

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment