Merawat Diri Agar Cantik, Apakah Termasuk Riya?

cantik

Saya rutin ikut senam kebugaran dan konsul ke dokter spesialis kulit dengan niat agar  badan langsing dan kulit mulus. Seorang teman mengatakan bahwa saya termasuk orang riya (suka pamer). Benarkah? Mohon penjelasan.

 
Secara prinsip, Islam mengajari umatnya untuk mensyukuri segala nikmat yang telah Allah swt. berikan. Di antara bentuk syukur yaitu menggunakan apa yang Allah berikan untuk kebaikan, misalnya kita diberi nikmat kesehatan, syukuri nikmat-Nya dengan menggunakannya untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan yang Allah swt ridoi. Kita diberi harta, wujud syukurnya yaitu berbagi dengan fakir, miskin, dan anak yatim.

alquran muasir

Bentuk syukur yang kedua yaitu dengan merawatnya. Misalnya, kita diberi kesehatan, syukurilah dengan menjaganya, seperti berolah raga yang rutin, memberikan nutrisi yang cukup, menjaga kebersihan, dll. Kita diberi kemudahan dalam berbisnis, bentuk syukurnya yaitu dengan terus memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan dan tetap menjaga kualitas barang-barang yang dijual.

Jadi, ada dua ekspresi syukur; pertama menggunakannya untuk apa yang Allah cintai dan  kedua, merawatnya dengan sungguh-sungguh.

Sesungguhnya, Allah swt. telah menciptakan manusia dalam performa (bentuk penampilan) terbaik. ”Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikanmu seimbang.” (Q.S. Al Infithar 82: 6-7). Allah swt. menegaskan, manusia diciptakan dengan sempurna.

kalender

Kesempurnaan tubuh ini wajib kita syukuri dengan cara seperti yang telah dijelaskan tadi, yaitu menggunakannya untuk hal-hal yang dicintai Allah dan merawat dengan sebaik-baiknya.

Nah, kalau Anda rutin ikut senam dan konsul ke dokter dengan niat supaya badan Anda sehat dan mulus dalam kerangka syukur, bahkan kalau Anda sudah punya suami niatnya ingin selalu tampil prima dan indah di depan suami, kegiatan Anda ini bernilai ibadah.  Wallahu A’lam.

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment