Penelitian Buktikan Suami Istri Berjodoh Miliki Kemiripan Gen DNA

 

Rasanya tidaklah berlebihan jika pasangan hidup (suami istri) saling menyebutnnya denga istilah “belahan jiwa” karena keduanya secara psikolgis mempunyai kemiripan dalam beberapa sifat hingga ibarat jiwa yang terbelah. Ungkapan ini pun dibenarkan dengan hasil salah satu penelitian yang membuktikan,bahwa pasangan menikah (suami istri) memiliki DNA yang mirip satu sama lain. Padahal, sulit menemukan DNA yang begitu mirip bukan?

Hasil sebuah penelitian dari University of Carolina Amerika Serikat telah membandingkan DNA lebih dari 800 pasangan menikah dengan pasangan acak. Hasilnya sungguh menajubkan dimana diperoleh data daripada orang yang sama-sama asing, pasangan menikah lebih punya kesamaan DNA.

Ben Domingue, yang merupakan salah satu peneliti, tak bisa menjelaskan secara pasti bagaimana seseorang bisa menemukan orang lain dengan DNA yang sama persis dengannya dari miliaran manusia di dunia.

“Mungkin alasannya sederhana. Gen yang sama akan menghasilkan hobi atau selera yang sama juga,” ujarnya, seperti dikutip Daily Mail belum lama ini.

Alasan mempunyai kesamaan hobi dan selera sama itulah yang mempersatukan keduanya. Singkat kata, seseorang akan mencari pasangan yang seakan menjadi cermin bagi dirinya sendiri. Hal ini juga dapat diakui beberapa pasangan hidup memperoleh atau ketemu jodohnya lewat hobi atau pekerjaan yang sama. Dari kesamaan ini kegemaran atau selera hingga sifat inilah kemudian disepakati bahwa bahwa ia layak menjadi pasangan hidupnya yang dibuktikan dengan menikah.

Dengan demikian jika kita mengacu pada Al-Qur’an,  sudah sangat jelas Allah Swt menginformasikan bahwa dua insan manusia yang berjodoh kemudian menikah itu mempunyai kesamaan-kesamaan secara kepribadian yang akhirnya menjadi karakter.

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)”  (QS.An-Nur:26)

Itulah salah satu karunia Allah yang diberikan kepada orang-orang yang beriman. Bisa diibaratkan dengan magnet yang saling tarik menarik dan tolak menolak. Banyak kisah yang menjadi bukti orang-orang mulia berjodoh dengan orang mulia pula dengan menghasilkan generasi shaleh shalehah pula. [ ]

 

 

Red: admin

Editor: Iman

Ilustrasi foto: pixabay

 

(Visited 350 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment