MT Wirausaha Gelar Kajian Dan Bazar Ekonomi Ummat

Salah satu tanda kebangkitan peradaban Islam ditandai dengan kebangkitan ekonominya. Sementara kebangkitan ekonomi Islam salah satunya adanya tumbuh dan berkembangnya ekonomi ummatnya. Demikian disampaikan Pembina Majelis Taklim Wirausaha (MTW),Ustadz Valentino Dinsi,MM,MBA dalam pengantar kajiannya tentang kebangkitan ekonomi Islam di Masjid Istiqomah Jl.Citarum Kota Bandung,Ahad (15/5/2016).

Ia menambahkan kebangkitan ekonomi Islam bukan hanya dimaknai dan ditandai ekonomi secara global atau yang bersifat besar,namun bisa juga tumbuh dan berkembangnya ekonomi ummat yang berbasil pada ekonomi rumah tangga (ekonomi mikro). Menurutnya sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa bangkit dan berkembangnya ekonomi makro diawali dengan tumbuh dan berkembangnya ekonomi mikro. Demikian juga dengan ummat Islam yang pernah mengalami kejayaan ekonomi sehingga berdampak pada kemakmurannya ummatnya.

kegiatan bazar MTW
kegiatan bazar MTW

Untuk itu dirinya mengajak agar ummat Islam juga melakukan hal yang sama dengan mempunyai amal usaha (entrepreneur) sekecil apa pun. Ia juga mengungkapkan bahwa jiwa berwirausaha (entrepreneurship) juga salah satu sifat ummat Islam seperti yang telah dicontohkan langsung oleh Rasulullah Saw dan para sahabatnya. Yang tidak kalah pentingnya,sambungnya kegiatan ekonomi tersebut dilakukan secara berjamaah dan saling menguatkan.

Kegiatan kajian ekonomi Islam ini juga dibuktikan dengan digelarnya bazaar di selasar masjid yang diikuti puluhan peserta. Stand bazaar sendiri menyajikan beragam produk baik barang maupun jasa. Kegiatan ini bisa menjadi langkah yang positif dengan menjadikan masjid sebagai salah satu sentra kekuatan ekonomi selain sebagai pusat dakwah ummat Islam. [ ]

Rep: Iman

Editor : Candra

(Visited 65 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment