6 Sifat Bidadari Dunia hingga Surga

Menjadi bidadari tentu dambaan setiap wanita baik bidadari di dunia terlebih bidadari di akhirat kelak. Meski dalam hadist disebutkan bahwa wanita menjadi mayoritas penghuni neraka dan wanita pula sumber fitnah dunia seperti dalam hadis Rasulullah Saw bersabda :

Bertakwalah kepada Allah terhadap dunia,bertakwalah kepada Allah terhadap wanita,karena mayoritas fitnah Bani Israil ada pada wanita.” (HR.Muslim & Ahmad)

Namun dalam beberapa hadis lain disebutkan bahwa wanita shalehah adalah perhiasan dunia. Wanita shalehah adalah ciri bidadari penghuni surga. Selain itu ada beberapa sifat lain dan menjadi kabar gembira,yakni ia akan memasuki surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Di antara sifat itu adalah :

  1. Beriman dan bertakwa kepada Allah Swt :

Iman yang menjadikan pengawasan Allah Swt lebih dekat kepada diri-nya dari urat leher. Dia selalu mengingat Allah pada saat sendiri ataupun bersama banyak orang,pada saat rahasia dan terbuka ,pada saat sulit dan lapang. Allah Azza Wa Jalla telah berfirman :

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (QS.An Nahl :97)

  1. Tidak bertabaruj (bersolek untuk orang lain)

Para perusak iman menginginkan bahkan mengkampanyekan bahwa sebaiknya kaum muslimah keluar dari rumah berkarir atau bekerja pada bidang yang sama dengan kaum laki-laki. Lebih celaka lagi mereka  menginginkan agar kaum muslimah agar bersolek dan mempercantik diri untuk orang lain di depan publik ( bertabaruj ). Dengan demikian membuang rasa malu-nya,sehingga dia berperilaku sebagai wanita pada masa jahiliyah . Padahal Allah Swt telah melarang dengan berfirman,

dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.” (QS.Al Ahzab :33)

  1. Menundukan pandangan dan menjaga diri.

Salah satu cirri wanita shalihah dan sifat calon penghuni surga adalah mereka yang selalu menjaga pandangannya dan menjaga diri dari perilaku yang dapat mengundang fitnah khususnya fitnah syahwat. Pergaulan bebas yang sekarang melanda dunia,tak dipungkiri juga berpengaruh pada pergaulan umat Islam sehingga tak jarang mereka terjebak pada slogan “kebebasan”. Padahal Allah Azza Wa Jalla telah berfirman,

Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS.An Nuur :31)

Namun demikian perilaku menundukkan pandangan dan menjaga diri juga berlaku pada kaum laki-laki muslim.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 234 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment