Ruby Hotel Syariah Kembali Gelar Kajian Muslimah Dambaan Surga

ustadz hilman rosyad

Secara umum setiap manusia tentunya mendambakan kenikmatan yang paling tinggi dan abadi. Kenikmatan itu adalah Surga. Berbagai macam kenikmatan dan kebahagian Surga pastinya tidak pernah terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga, dan terbetik di hati karena itu rahasia Allah Swt. Demikian disampaikan ustadz Hilman Rosyad Syihab,Lc saat mengisi kajian keislaman “Muslimah Dambaan Syurga” di Ruby Hotel Syariah Kota Bandung, Rabu (11/5/2016).

Ustadz Hilman menambahkan meski keadaan Surga tak bisa dibayangkan oleh manusia namun dalam Al -Qur’an maupun hadits Rasulullah Saw telah banyak menggambarkan kenikmatan-kenikmatan Surga. Diantaranya seperti firman Allah Swt :

alquran muasir

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) Surga yang dijanjikan kepada orang-orang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb nya ….”(QS. Muhammad : 15)

Sementara tentang penduduk surga salah satunya bisa tergambar dari firman Allah Swt:

Dan (di dalam Surga itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik.” (QS. Al Waqiah : 22-23)

kalender

… seandainya salah seorang wanita penduduk Surga menengok penduduk bumi niscaya dia akan menyinari antara keduanya (penduduk Surga dan penduduk bumi) dan akan memenuhinya bau wangi-wangian. Dan setengah dari kerudung wanita Surga yang ada di kepalanya itu lebih baik daripada dunia dan isinya.” (HR. Bukhari dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anhu)

Terkait dengan penduduk Surga (bidadari) ustadz Hilman menjelaskan bahwa wanita di dunia khususnya kaum muslimah juga berpotensi menjadi penghuni dan bidadari Surga. Namun demikian ada beberapa sifat atau karakter yang harus dimiliki.  Ustadz Hilman menjelaskan setidaknya ada empat karakter muslimah dambaam  Surga antara lain:

Pertama adalah muslimah yang paham akan agamanya

Hal ini didsarkan pada hadits Rasulullah Saw yang bersabda: “Barang siapa yang dikehendaki Allah menjadi baik, maka Dia memberi orang itu kefahaman dalam masalah agama.” ( Diriwayatkan oleh Muttafaq ‘Alaih)

Ustadz Hilman menjelaskan bahwa pada dasarnya semua kaum muslimin harus paham terhadap keislamannya. Keutamaan inilah yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Namun demikian bagi wanita khususnya ibu harus lebih paham akan agamanya dibanding kaum laki-laki atau suami.

“Meski mempunyai kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki namun perempuan harus lebih paham agamanya. Alasannya pertama  karena detail dan rinci masalah syariah (fiqh) seperti masalah thaharah atau bersuci wanita lebih detail masalah haid,nifas misalnya. Sementara laki-laki tidak ada. Kemudian yang kedua  perempuan mempunyai peran sebagai ibu dan pendidik. Meski para suami juga mempunyai kewajiban mendidik putra-putrinya namun peran ibu sebagai pendidik lebih dominan dibanding suami,”jelasnya.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment