Karma bagi Wanita yang Tidak Mau Berhijab

hijab, jilbab

Pak Ustadz Aam, saya ingin bertanya tentang hijab. Apa hukuman bagi wanita yang tidak mau berhijab dan apa pahala bagi wanita berhijab?  Saya juga memohon doanya dari  Pak Ustadz Aam agar saya mendapatkan jodoh terbaik yang shaleh dan bisa membimbing saya.  Terima kasih atas jawabannya.

 

Apabila membahas mengenai apa hukuman bagi wanita yang tidak berhijab dan apa pahala bagi wanita berhijab, marilah kita lihat dulu posisi berhijab itu hukumnya apa?

alquran muasir

Tentu saja, hukumnya wajib untuk kaum wanita. Berhijab itu hukumnya wajib kalau kita melihat surah Al-Ahzab ayat 59.

Hai, Nabi! Katakan kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Hal itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali dan supaya tidak diganggu. Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Q.S. Al-Ahzab [33]:59)

Ini sebagai penegasan kepada orang-orang yang bilang kalau berhijab itu hanya untuk istri Nabi, padahal itu keliru. Berhijab itu untuk semua perempuan. Lalu kalau berhijab itu disebut sebagai budaya arab, tentu keliru juga karena perintah itu dikatakan secara eksplisit dalam ayat Al-Qur’an.

kalender

Berhijab itu hukumnya wajib seperti kita wajib melakukan salat dan puasa. Bagi perempuan yang tidak berhijab harus merasa berdosa. Sama halnya ketika kita merasa berdosa saat kita tidak melakukan salat dan puasa. Dipertegas lagi dalam surah An-Nur ayat 31.

Katakanlah kepada para perempuan beriman agar mereka menjaga pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya dan memelihara kemaluannya. Janganlah menampakkan auratnya, kecuali yang biasa terlihat. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan auratnya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, ayah suami mereka, putra-putra mereka, putra-putra suami mereka, saudara-saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara perempuan mereka, para perempuan sesama Islam, hamba sahaya yang mereka miliki, para pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan terhadap perempuan, atau anak-anak yang belum mengerti aurat  perempuan. Janganlah mereka mengentakkan kakinyua agar orang-orang mengetahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Hai orang-orang beriman! Bertobatlah kepada Allah agar kamu beruntung.” (Q,S. An-Nur [24]: 31)

Wanita hanya diperbolehkan memperlihatkan aurat kepada yang memang muhrimnya. Terlalu naif atau berlebihan kalau mengatakan berhijab itu budaya Arab. Diperjelas dalam surah Al-Baqarah ayat 208.

Hai orang-orang beriman, masuklah ke dalam Islam secara menyeluruh dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya, ia musuh yang nyata bagimu.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 208)

Terimalah Islam secara total jangan setengah-setengah. Hukum hijab sama wajibnya dengan salat, puasa, intinya sama wajibnya dengan kewajiban kita melaksanakan rukun Islam karena itu sifatnya perintah Allah.

Apabila di antara kalian belum  berhijab, yakinkan dan niatkan dalam hati, “Ya Allah berikan kekuatan saya untuk berhijab. Ternyata berhijab itu sama wajibnya dengan salat dan puasa.”

Kalau kita tidak melakukan salat merasa sangat berdosa tetapi ketika tidak berhijab merasa biasa-biasa saja, maka kita perlu evaluasi diri. Wallahu’alam bishawab.  (Aam Amiruddin)

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah