Ratusan Umat Islam Bandung Raya Gelar Aksi Solidaritas Untuk Muslim Aleppo

Sekira dua ratusan ummat Islam Bandung Raya menggelar aksi solidaritas untuk kaum muslimin di Aleppo Suriah, Jum’at (6/5/2016).  Aksi yang digelar usai shalat Jum’at ini  dimulai dari Masjid Istiqomah Jl. Citarum yang diawali dengan menampilkan foto-foto terbaru yang tengah terjadi di Aleppo saat ini. Tak pelak aksi ini menarik perhatian kaum muslimin yang hendak meninggalkan masjid usai melaksanakan Shalat Jum’at. Beberapa jamaah terlihat memperhatikan detail foto-foto yang ada lalu memberikan donasinya.

Aksi lalu dilanjutkan dengan long march menuju Kantor Gubernur Jawa Barat,Gedung Sate Jl.Diponegoro Kota Bandung. Meski hari libur namun beberapa peserta aksi tetap melakukan orasi dan seruan kepada pemerintah serta masyarakat untuk peduli atas tragedi kemanusian yang tengah terjadi di Kota Aleppo Suriah.

“Tragedi yang menimpa kaum muslimin Suriah masih terus berlangsung. Penyerangan demi penyerangan terus dilancarkan kepada kaum muslimin suriah, khususnya kota Aleppo pada saat ini. Kota terbesar kedua di Suriah setelah Damaskus ini menjadi target sasaran Rusia dan pemerintahan Basyar Assad tiap harinya,”ujar salah seorang yang memberikan orasinya.

Aksi save Aleppo bdg 4

Ia menambahkan bahwa menurut data terakhir sampai saat ini, setidaknya lebih dari 250 warga Aleppo meninggal dunia semenjak beberapa minggu yang lalu disebabkan bom-bom yang dijatuhkan di pasar-pasar, pemukiman warga, bahkan rumah sakit pun menjadi salah satu target bom-bom tersebut. Jika tidak dihentikan,sambungnya, jumlah korban akan semakin banyak lagi dimana para korban tersebut mayoritas warga sipil dan anak-anak.

Untuk itu lewat aksi tersebut mengajak kepedulian kaum muslimin semua yang tidak mengenal batas daerah, tidak mengenal ras bangsa, bahkan tidak mengenal latar belakang kehidupan, jika ia seorang muslim maka ia akan membantu muslim yg lainnya bagaimanpun keadaannya.

promo oktober

“Marilah kita tunjukan kepedulia kita kepada kaum muslimin di seluruh penjuru bumi dengan setidaknya memberikan perhatian untuk saudara saudara muslim yang ada di Suriah, khususnya di Aleppo. Seruan dan ajakan ini kita ini tujukan khususnya kaum muslimin Kota Bandung,Jawa Barat,Indonesia dan seluruh penjuru dunia untuk memberikan aksi kepeduliannya lewat aksi dan gerakan solidaritas muslim dimanapun berada,”ajaknya.

Turut memberikan orasinya antara Ust. Subhan (Dewan Dakwah),  Ust. Farhan (PD.Pemuda Persis Kota Bandung), Ust. Indra (Pemuda Istiqomah), Ust. Rifki SR (KODAS), Ust. Rahmat Hidayatullah (Hawariyun), Ust.Hasby Ash-Shiddiqy (SO),Ust.Muhammad Ridwan (ITJ).

Sementara diantara peserta hadir perwakilan dari Kodas, Fun Ta’lim, PAS, Pemuda Istiqomah, Hawariyyun, MPI Bandung, GARIS Kota Bandung, Dewan Da’wah Bandung, KORNI, Indonesia Tanpa JIL, Hasmi, PD Pemuda Persis Kota Bandung, PD Pemudi Persis Kota Bandung, PD Himi Persis Kota Bandung, DPW Wahdah Islamiyah Jabar, AnNaba, Jundullah Annas, MDC BDG, dan Pondok Jilbab Bandung.

Mereka berharap semoga dengan acara yg dilaksanakan oleh kaum muslimin Kota Bandung beserta seluruh elemen masyarakat yang ikut berpartisifasi didalamnya dapat menunjukan perhatian dan kepedulian terhadap saudara-saudara muslim di Suriah, khususnya di Aleppo.

“Gerakan olidaritas muslim ini  diharapkan dapat membangunkan yang  masih tertidur, dan menyadarkan yang terdiam bahwa nunun jauh disana (Aleppo Suriah) ratusan bahkan ribuan saudara muslim kita dibantai,” ungkap salah satu orator

Aksi save Aleppo bdg 3

Usai orasi di depan Gedung Sate, aksi dilanjutkan dengan menyusuri jalan-jalan utama dan pusat keramaian di Kota Bandung seperti Jl. Merdeka kemudian longmarch sendiri diakhiri di Gedung Merdeka Jl.Asia Afrika.  Selain melakukan orasi beberapa peserta juga tampak menggalang donasi untuk muslim Aleppo. Aksi tersebut menarik perhatian para pengguna jalan. Apalagi ditambah dengan teriakan takbir disetiap orasi yang disampaikan oleh beberapa perwakilan ormas membuat suasana semakin semangat dalam membantu saudara muslim Aleppo atas penderitaan mereka. [ Ridhan]

 

Editor: Iman

Foto: Ridhan

 

 

(Visited 180 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment