Panduan Bagi Orang Tua agar Menjadi Teladan bagi Anak

ilustrasiortuanak

Ustadz, satu bulan yang lalu saya melahirkan anak pertama. Saya ingin anak saya menjadi anak yang saleh yang bisa membahagiakan orangtua dan berbakti pada agamanya. Bagaimanakah cara saya memberikan teladan kepadanya agar ia menjadi anak saleh dan menjadi kebanggaan orangtuanya?

 


Alhamdulillah, saya ucapkan selamat kepada Anda sekarang sudah menjadi orangtua. Mudah-mudahan Anda bisa menjadi orangtua yang amanah dan keluarga dikaruniai kebaikan-kebaikan serta bakti dari sang buah hati.

alquran muasir

Banyak orangtua yang bertanya mengenai cara mendapatkan anak yang saleh. Namun, terkadang mereka lupa kalau anak saleh tidak didapatkan begitu saja saat dilahirkan.

Orang bijak berkata bahwa seorang bayi yang baru lahir ibarat kertas putih tanpa noda. Orang yang pertama kali menulisi kertas tersebut adalah orang terdekatnya, yaitu orangtuanya. Bagus tidaknya tulisan yang dihasilkan bergantung kepada mereka. Apakah kertas itu akan diisi oleh coretan tanpa makna ataukah sebuah karya yang indah dan mengagumkan.

Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang memberikan contoh yang baik dalam Islam maka baginya pahala atas perbuatan baiknya dan pahala orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat. Yang demikian itu tidak menghalangi pahala orang-orang yang mengikutinya sedikit pun. Dan barangsiapa yang memberikan contoh yang buruk di dalam Islam maka baginya dosa atas perbuatannya dan dosa orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat. Yang demikian itu tanpa mengurangi sedikit pun dosa orang-orang yang mengikutinya” (H.R. Muslim).

kalender

Salah satu isi “tulisan” yang hendaknya orangtua dituangkan dalam kertas putih seorang anak adalah teladan yang baik. Anak akan lebih mudah memahami sesuatu perbuatan jika ia melihat contoh langsung dari orangtuanya. Sederhananya, mereka akan bisa melakukan kebaikan jika melihat orang-orang di sekelilingnya melakukan kebaikan.

Orangtua adalah guru dan orang terdekat yang harus jadi panutan. Orangtua harus bisa menjadi figur ideal bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, kita sebagai orangtua dituntut untuk bekerja keras memberikan contoh dalam berperilaku. Insya Allah dengan begitu, anak akan mudah diingatkan secara sukarela.

Salah satu praktik pemberian teladan yang baik bagi anak adalah kesamaan antara ucapan dan perbuatan. Bagaimanapun, perbuatan dan tingkah laku jauh lebih mudah diingat bila dibandingkan hanya sebatas kata-kata.

Lalu, sikap apa saja yang harus ditunjukkan agar kita bisa menjadi teladan bagi anak-anak kita?

[AdSense-A]

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment