Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Hj.Tutty Alawiyah Wafat

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,…. Bangsa Indonesia kembali berduka, Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada tahun 1998 hingga tahun 1999 pada Kabinet Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan, Prof.Dr.Hj. Tutty Alawiyah  telah tutup usia. Seperti dihimpun dari berbagai sumber, almarhumah Hj.Tutty Alawiyah menghembuskan nafas terakhirnya di RS MMC pada Rabu (4/5/2016) sekira pukul 07.15 WIB pada usia 74 tahun. Dikabarkan pula sebelumnya beliau sempat dirawat Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (RS MMC), Kuningan, Jakarta selama beberapa hari.

Semasa hidupnya Hj.Tuty Alawiyah juga dikenal sebagai seorang ustazah yang mengkoordinir ribuan ibu-ibu majelis taklim di Jabodetabek. Almarhumah juga seorang daiyah yang kondang baik di dalam hingga luar negeri. Kiprah ini dimulai semenjak usia sangat muda, yakni semenjak remaja. Dia berdakwah ke berbagai negara sembari tak lupa mengurus pesantren dan perguruan yang dirilis orang tuanya. Masa pengajian ini sangatlah banyak dan tersebar luas di seantero ibu kota. Dalam berbagai kesempatan jamaah pengajiannya mampu memenuhi stadion Senayan Jakarta hingga luber ke luar.

Pada zaman kepemimpinan BJ Habibie, Tutty sempat menjabat sebagai Menteri UrusanWanita. Posisi ini didapatkan sebagai pengakuan yang panjang atas kiprahnya dalam masyarakat secara luas. Tutty dalam hal ini sudah membuktikan bahwa kemampuan perempuan sama sekali tidak kalah dengan kaum lelaki.

Hj. Tuty Alawiyah lahir di Jakarta,pada 30 Maret 1942 ia dilahirkan untuk berdakwah. Sebutan ini tidaklah berlebihan bila ditelusuri jejak langkah hidupnya. Semenjak usia 9 tahun, Tutty sudah berdakwah menyiarkan agama Islam. Di bawah naungan Yayasan Perguruan As-Syafi’iyah yang didirikan tahun 1933 oleh ayahnya, KH.Abdullah Syafi’i. Kemudian Tutty melanjutkan kepemimpinan ayahnya untuk membangun Pesantren Putra-Putri dan Yatim hingga Universitas Islam Syafi’iyah.

Tuty juga pernah tercatat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada tahun 1998 hingga tahun 1999 pada Kabinet Kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan. Tuty merupakan lulusan IAIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan. Ia juga pernah menjabat sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari tahun 1992 hingga 2004 dari Utusan Golongan.

promo oktober

Selamat jalan ustazah Hj.Tutty Alawiyah . Allahumaghfirlaha warhamha…[ ]

 

Red:admin

Editor: Iman

 

(Visited 347 times, 1 visits today)

REKOMENDASI

Leave a Comment