Meski Lanjut Usia, Pemenuhan Nutrisi Harus Terjaga

ortu

Oleh: Dr. Nur Fatimah, MS, SpGK*

Kebutuhan gizi berbeda untuk setiap kelompok usia, banyak faktor yang membedakan kebutuhan pada kelompok lanjut usia (lansia) dibanding kelompok lainnya karena adanya proses menua. Proses menua sendiri merupakan suatu rangkaian proses yang kompleks di dalam sel tubuh, tetapi secara sederhana pada keadaan ini terjadi kemunduran fungsi alat tubuh yang berjalan terus sejak lahir, tetapi lebih dominan pada lansia. Fungsi tubuh apa saja yang terganggu pada proses menua khususnya pengaruhnya pada asupan makanan sehingga mempengaruhi kebutuhan zat gizi akan dibahas pada setiap sistem tubuh.

alquran muasir

Pada sistem saraf terjadi penurunan fungsi panca indera yang berakibat menurunnya  selera makan, sensitivitas rasa haus, dan sensitivitas sensasi rasa, adanya perubahan pola tidur dan menurunkan sensitivitas fungsi pencernaan.

Higiene gigi dan mulut akan menurunkan variasi makanan/zat gizi karena: mulut kering/berkurangnya air liur akan menurunkan asupan makanan kering, gigi tanggal/infeksi akan menurunkan asupan makanan yang perlu lama dikunyah misalnya daging, buah, dan sayur. Demikian juga mulai timbul kesulitan menelan berpengaruh terhadap penurunan jumlah makanan.

Pada sistem pencernaan sendiri terdapat beberapa faktor yang berberan penting terhadap asupan makanan maupun kesehatan organ tubuh lainnya seperti:

kalender
  • Sensitif terhadap makanan/minuman yang mengandung gula laktosa akan menurunkan bahan makanan sumber sumber kalsim sehingga akan meningkatkan risiko osteoporosis.
  • Berkurangnya asam lambung akan mengganggu proses pencernaan.
  • Terjadi penurunan penyerapan vitamin B12 yang berfungsi pada pematangan sel sehingga meningkatkan risiko salah satu jenis anemia
  • Aktivitas vitamin D menurun akan semakin meningkatkan risiko osteoporosis
  • Sembelit yang sering terjadi banyak disebabkan karena kurang asupan cairan serta, aktivitas fisik

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah

Leave a Comment