5 Ciri Keluarga Calon Penghuni Surga

keluarga

Keluarga merupakan sebuah pondasi awal yang akan melahirkan dan membentuk generasi dalam Islam selanjutnya. Dari keluargalah akan dibentuk seorang anak yang memiliki akhlak yang baik atau buruk. Oleh sebab itu setiap keluarga hendaknya berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits sehingga keluarga tersebut akan selalu berada dalam naungan Allah Swt. Dengan demikian akan membawa mereka menuju surga.

Keluarga yang sakindah,mawadah dan penuh rahmah bukan hanya akan menjadi hiasan dan kebahagian selama di dunia semata. Jika kita selalu istiqamah maka kebahagian dan kebersamaan tersebut juga akan terbawa hingga ke akhirat kelak. Hal ini sebagaimana firman Allah Swt dalam surah At-Thuur ayat 21 bahwa akan ada orang-orang yang akan dikumpulkan di dalam surga bersama dengan anak cucu mereka. Namun tentu tidak semua orang atau keluarga bisa mendapatkan keistimewaan ini. Sebab hanya orang-orang atau keluarga tertentulah yang bisa mendapatkannya dan inilah ciri-ciri keluarga calon penghuni surga itu:

alquran muasir
  1. Menjauhi diri dari siksa api neraka

Kebaikan keluarga akan berpengaruh kepada kebaikan masyarakat, dan kebaikan masyarakat akan berpengaruh kepada kebaikan negara. Oleh karena itulah agama Islam banyak memberikan perhatian masalah perbaikan keluarga. Di antara perhatian Islam adalah bahwa seorang laki-laki, yang merupakan kepala rumah tangga, harus menjaga diri dan keluarganya dari segala perkara yang akan menghantarkan menuju neraka. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt :

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS.At-Tahrim:6)

  1.  Memiliki iman yang kokoh

Calon penghuni surga adalah yang anggota keluarganya memiliki iman yang kokoh kepada Allah Swt. Sebab hal ini merupakan modal utama membangun rumah tangga untuk menggapai surga. Pasalnya tanpa landasan iman yang kuat maka keluarga kita bisa terpuruk selamanya. Sebagimana firman Allah SWT dalam surah bahwa,

kalender

Dan orang-orang yang beriman dan anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka (maksudnya: anak cucu mereka yang beriman itu ditinggikan Allah derajatnya sebagai derajat bapak-bapak mereka dalam surga) dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala ama mereka. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya”. (QS.At-Thuur: 21)

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah