Ini Sebab Gigi Anak Belum Tumbuh

Ini Sebab Gigi Anak Belum Tumbuh

Oleh: Eddy Fadlyana, dr., SpA(K)., M Kes*

Dokter, saya seorang ibu rumah tangga berusia 23 tahun. Saya baru mempunyai seorang anak laki-laki  berumur  9 bulan. Perkembangan tubuhnya bagus karena saya sangat memperhatikan kesehatan anak, namun ada masalah yang membuat saya khawatir tentang masalah gigi. Pertanyaan saya Kenapa di usia 9 bulan anak saya giginya belum tumbuh, Bagaimana mengetahui gigi yang akan tumbuh?, Apakah gigi susu penting?, Bagaimana cara menjaga kebersihan gigi bayi?( NN)

alquran muasir

Demikian sebuah pertanyaan yang masuk melalui pesan singkat ke handphone (hp) penulis beberapa waktu lalu. Pertumbuhan gigi merupakan salah satu tanda anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya. Untuk itu penulis mencoba menjawab di media saja sekaligus bisa menjadi pengetahuan bagi ayah bunda yang mungkin mengalami permasalahan yang sama.

  1. Kenapa giginya belum tumbuh?

Gigi pertama umumnya akan tampak dalam mulut ketika bayi berusia antara 6 sampai 14 bulan. Jumlahnya sepasang di bagian tengah depan dari rahang bawah atau di rahang atas. Gigi ini disebut gigi seri susu pertama. Kemudian menyusul  geligi  lainya, gigi seri kedua, gigi taring dan 2 geligi geraham. Keseluruhan geligi susu berjumlah 20 buah, yaitu 8 buah geligi seri, 4 buah geligi taring, dan 8 buah geligi geraham.

[irp posts=”7891" name=”Kenali Gangguan Pertumbuhan Pada Anak Dan Solusinya”]

kalender

Jadi, apabila pada anak usia 9 bulan belum tumbuh gigi, maka yang perlu orang tua ketahui  ialah apakah nutrisi/makanan sehari-hari sudah cukup baik untuk pertumbuhan gigi juga periksa pula rongga mulutnya, apakah sudah ada bakal gigi. Namun jangan lupa juga memeriksakan ke dokter akan kemungkinan penyebab lainnya.

  1. Bagaimana mengetahui gigi yang akan tumbuh?

Gusi akan tampak teriritasi, kemerahan dan sedikit mengembung, bila diraba akan terasa adanya puncak gigi. Gejala lain yang sering mengikuti adalah meningkatnya suhu tubuh, mual, dan anak menjadi rewel, tetapi tidak selalu gejala ini disebabkan oleh gigi yang akan tumbuh. Dilaporkan bahwa sedikitnya 60% dari bayi mengalami gejala local dengan tingkat yang berbeda.  Anak cenderung untuk menggosok-gosok gusi di daerah tersebut dengan jari atau objek lain. Air liur keluar berlebihan, kemerahan pada pipi, dan keadaan umum menurun.

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineGoogle GmailTelegramPinterestYahoo MessengerYuk, Bagikan agar Menjadi Amal Jariah