Ingin Didoakan Para Malaikat ? Lakukan 6 Hal Ini

berdoa

Meski Allah Swt tetapkan memberikan kepada hamba-Nya atas apa yang sudah menjadi rezeki (bagiannya) tanpa harus meminta, namun kita tidak boleh meninggalkan doa. Doa adalah sejata orang-orang mukmin,bahkan Allah sendiri yang meminta hamba-Nya untuk senantiasa berdoa. Kita harus meyakini bahwa doa-doa yang kita panjatkan akan dikabulkan oleh Allah Swt,

“Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku (Allah), jawablah bahwa Aku dekat. Aku kabulkan permohonan (doa) orang yang berdoa jika ia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka menaati perintah-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.” (QS.Al-Baqarah: 186)

Agar doa terkabul selain kita sendiri yang berdoa,juga sering kali kita meminta orang lain untuk mendoakan kita khususnya mereka yang tengah menunaikan ibadah haji atau umroh .Demikian ini apa yang disebut dengan menitipkan doa.

Ternyata selain kepada sesama manusia untuk mendoakan kita, kita juga bisa didoakan oleh para malaikat tanpa harus memintanya. Sebagaimana yang kita yakini malaikat adalah makhluk Allah yang sangat taat kepada-Nya. Berikut beberapa situasi dimana para malaikat akan mendoakan untuk kita selaku kaum muslimin:

1. Berada di masjid dalam keadaan suci dari hadats

donasi perpustakaan masjid

Sebelum maupun sesudah shalat berjamaah hendaknya kita jangan buru-buru keluar dari masjid jika tidak ada keperluan yang mendesak. Hal ini karena malaikat akan mendoakan kita selama berada dalam masjid dalam keadaan bersuci, sebagaimana yang Rasulullah Saw sabdakan :

“Malaikat akan selalu berdoa untuk orang yang berada di masjid atau mushalla tempat ia shalat, selama ia belum batal wudhu’nya saat duduk disana. Para malaikat akan berdoa dengan mengucapkan “ya Allah, ampunilah dia dan limpahkan rahmat-Mu kepadanya.” (HR. Bukhari)

2. Mendoakan orang lain tanpa diketahui oleh orang yang bersangkutan

Dalam Islam kita sesama muslim dianjurkan untuk saling mendoakan khususnya bagi saudara kita yang tengah dirundung duka meski tanpa diminta atau diketahui olehnya. Rasulullah bersabda:

Jika seseorang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, maka malaikat akan ikut mengaminkan doa tersebut seraya juga berdoa, “semoga kamu juga mendapatkan seperti yang engkau doakan untuk saudaramu”.(HR, Abu Dawud).

 

HALAMAN SELANJUTNYA…>>

(Visited 256 times, 4 visits today)

REKOMENDASI